4 Tools yang Dapat Digunakan untuk Cek Ranking Website di Google

Sebagai pemilik website, Anda tentu berharap web yang Anda kelola dapat menempati peringkat teratas di Google. Google saat ini menjadi search engine terbesar yang banyak digunakan untuk mencari informasi. Jika web Anda berada di posisi teratas, tentu banyak keuntungan yang bisa Anda dapat. Mulai dari meningkatnya jumlah traffic web sampai peningkatan keuntungan bisnis. Oleh karena itu, banyak pemilik web yang menjalankan berbagai teknik SEO salah satunya dengan penargetan kata kunci yang tepat agar situs web berada di peringkat teratas.

Untuk mengetahui seberapa efektif teknik SEO yang telah dilakukan, Anda dapat cek ranking website Anda di Google. Pada umumnya, pemilik web melakukan pengecekan secara manual yaitu dengan memasukkan suatu keyword di search engine Google dan berharap melihat website Anda di hasil pencarian. Cara ini sebenarnya kurang akurat karena hasil yang ditampilkan oleh Google dapat terpengaruh oleh faktor lokasi dan history penjelajahan Anda sebelumnya. Sebagai gantinya, untuk cek ranking website Anda bisa menggunakan beberapa tools berikut ini.

Tools untuk Cek Ranking Website

  1. Google Search Console

Google Search Console merupakan alat yang dikembangkan dan dikelola oleh Google. Alat ini menyediakan sejumlah informasi penting yang sangat berguna bagi pemilik web seperti:

  • Keyword yang terindex di dalam suatu website
  • Jumlah klik yang dihasilkan oleh web
  • Trend metrik selama periode tertentu

Untuk melihat ranking website di Google Search Console, Anda dapat membuka dashboard performance. Di dalamnya, Anda akan melihat total klik, total impressions, rata-rata CTR ( Click Through Rate ), dan posisi rata-rata website Anda.

  1. Ahrefs

Ahrefs memungkinkan Anda untuk cek ranking website melalui desktop atau perangkat seluler di 170 negara. Alat ini mudah digunakan serta memiliki berbagai fitur yang dapat bekerja dengan sangat baik. Anda tinggal memasukkan domain ke dalam kotak pencarian yang disediakan, dan alat akan bekerja secara otomatis melakukan analisis. Ahrefs akan menampilkan peringkat keyword web yang Anda targetkan, volume pencarian, keyword density, dan lain-lain.

cek ranking website

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Traffic Website, Gratis!

  1. SerpRobot

SerpRobot merupakan tools sederhana untuk cek ranking website berdasarkan beberapa keyword yang ditargetkan. Alat ini cukup mudah digunakan, Anda tinggal memasukkan link url website, memilih negara atau lokasi spesifik, dan memasukkan beberapa keyword yang Anda targetkan di website. SerpRobot akan menampilkan hasil analisis dengan beberapa rincian yaitu keyword yang digunakan di dalam web, posisi website, dan url link halaman web.

  1. SEMRush

SEMRush merupakan tools yang dapat memberi banyak informasi tentang performa website Anda. Anda dapat mengecek peringkat website, riset keyword, analisis backlink, memonitor perubahan algoritma, dan masih banyak lagi. Untuk cek ranking website, Anda dapat memilih fitur SEO Toolkit dan memilih menu Position Tracking. SEMRush juga akan menampilkan posisi website berdasarkan keyword yang Anda targetkan.

Baca Juga: Alasan Mengapa Riset Keyword Penting untuk SEO dan Digital Marketing

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika saat ini Anda membutuhkan jasa digital marketing untuk meningkatkan keuntungan bisnis, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Logique merupakan perusahaan konsultan IT profesional dengan berbagai layanan seperti digital marketing, optimasi SEO, pembuatan web, pengembangan aplikasi, dan masih banyak lagi. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

One thought on “4 Tools yang Dapat Digunakan untuk Cek Ranking Website di Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts