Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Membuat Desain Aplikasi Mobile

Membuat desain aplikasi memang bukan tugas yang mudah. Sebelum membuat desain aplikasi, ada baiknya jika Anda melakukan riset pasar untuk mengetahui trend aplikasi yang sedang berkembang, siapa pesaing Anda, siapa target pasar Anda, dan lain-lain. Informasi-informasi tersebut akan mempermudah Anda untuk memastikan bahwa desain aplikasi dapat digunakan dengan layak serta mampu menjangkau target pasar yang sudah Anda tentukan. Untuk lebih memudahkan proses pembuatan desain aplikasi, berikut kami sediakan beberapa point penting yang harus Anda perhatikan.

1. Perhatikan hal-hal mendasar

Di tengah trend perkembangan aplikasi seluler saat ini, ada baiknya jika Anda tetap memperhatikan hal-hal mendasar ketika membuat desain, seperti :

  • Navigasi

Navigasi aplikasi harus jelas, mudah digunakan, serta menggunakan penanda yang tepat. Selain itu, letak navigasi juga harus selalu konsisten dengan membuatnya selalu muncul di tempat yang sama.

  • Desain responsive

Tablet dan smartphone memiliki ukuran layar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, agar aplikasi dapat digunakan dengan baik untuk semua perangkat yang digunakan pengguna, Anda harus membuat desain responsif. Desain ini dapat bekerja dengan baik untuk berbagai jenis perangkat.

  • Tidak menggunakan terlalu banyak animasi

Meskipun animasi dapat meningkatkan engagement dengan pengguna, namun terlalu banyak menggunakan animasi juga dapat membuat loading speed menjadi lambat. Oleh karena itu, batasi penggunaan animasi ketika merancang aplikasi.

2. Satu layar untuk satu tugas

Seperti yang Anda ketahui, smartphone memiliki ukuran layar yang terbatas. Sebaiknya Anda mendesain satu layar hanya untuk satu tugas atau satu call to action saja. Hal ini akan lebih memudahkan pengguna untuk mengoperasikan dan memahami cara kerja aplikasi.

Baca Juga: App Store Optimization : Solusi Meningkatkan Popularitas Aplikasi Seluler

desain aplikasi

Sumber : pixabay.com

3. Tetap berpegang pada prinsip UI

Ketika membuat desain aplikasi seluler, prinsip dasar UI juga harus tetap Anda ikuti seperti :

  • Clarity atau kejelasan

Aplikasi harus memiliki desain yang jelas untuk memudahkan pengguna ketika mengoperasikannya. Anda dapat memposisikan diri sebagai pengguna, dan melihat apakah desain aplikasi yang Anda buat mudah dipahami oleh pengguna atau tidak. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat desain yang sederhana agar pengguna lebih mudah memahami setiap fungsi yang dibangun di dalam aplikasi.

  •  Konsisten

Mempertahankan konsistensi di seluruh aplikasi sangat diperlukan ketika mendesain aplikasi. Hal ini mempermudah pengguna dalam mempelajari struktur dan pola yang digunakan.

  • White space

White space merupakan ruang kosong di antara kolom, garis, atau pun gambar. Elemen ini berfungsi untuk membuat tata letak desain terlihat lebih rapi sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna.

  • Warna

Warna juga memegang peran penting ketika mendesain aplikasi. Ketika Anda memilih warna yang terlalu terang dan kontras yang terlalu tajam, pengguna dapat kesulitan untuk berkonsentrasi. Pemilihan warna yang salah juga dapat membuat mata pengguna menjadi tidak nyaman. Anda juga harus menggunakan warna familiar, seperi warna hijau untuk tombol “Yes” dan warna merah untuk tombol “No”.

  • Font

Gunakan jenis font yang mudah dibaca oleh pengguna. Selain itu pastikan untuk selalu konsisten menggunakan satu jenis font. Anda hanya boleh menggunakan jenis font yang berbeda untuk meng-highlight sesuatu seperti heading. Sebaiknya hindari untuk terlalu banyak menggunakan jenis font yang berbeda karena dapat membuat bingung pengguna.

Baca Juga: Tips Mengurangi Biaya Pengembangan Mobile App

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultant IT profesional dengan beberapa layanan seperti jasa pengembangan aplikasi, pembuatan website, web design, optimasi SEO, dan masih banyal lagi. Jika saat ini Anda sedang berencana untuk mengembangkan aplikasi, Anda dapat menggunakan layanan kami. Silakan hubungi kami atau klik jasa pembuatan aplikasi mobile untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts