7 Jenis Peretas di Dunia yang Harus Anda Ketahui

Peretas atau hacker saat ini sering dikaitkan sebagai penjahat cyber yang akan merugikan banyak pihak. Namun pada kenyataannya, tidak semua peretas menggunakan skill mereka untuk tujuan yang buruk. Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan yang meminta bantuan peretas untuk berbagai tujuan baik seperti menjaga keamanan sistem, mencari kelemahan sistem yang dapat dioptimalkan oleh developer, atau membantu pengembangan sistem dan program komputer. Secara umum, terdapat dua faktor yang akan menentukan jenis peretas yaitu dilihat dari motif dan legalitas tindakan mereka. Untuk lebih jelasnya berikut 7 jenis peretas yang perlu Anda ketahui.

  1. Script Kiddies

Merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut peretas amatir yang tidak terlalu peduli dengan keterampilan coding. Script Kiddies biasanya akan mengunduh alat atau menggunakan kode peretasan yang sudah tersedia atau ditulis oleh pengembang yang lain. Tujuan Script Kiddies biasanya hanya untuk bersenang-senang atau mencari perhatian. Sedangkan jenis serangan cyber yang paling umum dilakukan adalah serangan Dos dan DDoS.

  1. White Hat

White Hat yang juga dikenal sebagai ethical hacker merupakan pakar keamanan cyber yang membantu perusahaan, organisasi, atau pun pemerintah dalam proses penetration testing serta mengidentifikasi celah keamanan cyber. Mereka akan memastikan sistem Anda aman dari berbagai serangan dan tindak kejahatan di dunia maya. White Hat akan meretas sistem dengan niat baik yaitu menemukan kerentanan dan membantu menghapus virus atau malware dari sistem Anda.

peretas

Baca Juga: Metode Pentest: Black-Box, Grey-Box, dan White-Box Testing 

  1. Black Hat

Black Hat adalah jenis hacker yang harus Anda khawatirkan. Jika Anda mendengar beragam tindak kejahatan di dunia maya, maka Black Hat ini adalah pihak yang melakukannya. Mereka dapat meretas ke dalam sistem keamanan yang lemah dan melakukan beragam tindakan yang merugikan seperti merusak tampilan website, mencuri data pribadi, atau bahkan mencuri uang Anda.

  1. Gray Hat

Gray Hat adalah gabungan dari Black Hat dan juga White Hat. Mereka dapat mengeksploitasi sistem dan jaringan seperti yang dilakukan oleh Black Hat tanpa sepengetahuan pemilik sistem, namun tidak dengan maksud yang jahat. Biasanya, Gray Hat akan meretas sistem untuk memberitahu kepada administrator bahwa sistem tersebut memiliki kerentanan yang harus segera diperbaiki. Kemudian Gray Hat akan menawarkan untuk memperbaiki kelemahan yang berhasil dia retas dengan sejumlah biaya yang harus dibayarkan.

  1. Green Hat

Sama dengan Script Kiddies, Green Hat  juga dapat dikatakan sebagai hacker pemula, namun Green Hacker ini lebih peduli terhadap skill mereka. Mereka memiliki keinginan untuk mengasah skill dengan belajar dari peretas yang sudah handal. Green Hacker ini dapat berkembang menjadi peretas yang hebat.

Baca Juga: Mengapa Menjaga Keamanan Aplikasi Penting Bagi Perusahaan Anda ?

  1. Red Hat

Red Hat mempunyai tujuan yang sama dengan White Hat yaitu ingin menghentikan serangan Black Hat. Namun Red Hat akan melakukannya dengan cara mereka sendiri. Pada umumnya, White Hat menghindari serangan Black Hat dengan cara mencari kelemahan sistem dan membangun sistem keamanan yang lebih baik. Berbeda dengan Red Hat, mereka lebih senang untuk melakukan serangan kembali terhadap Black Hat Hackers. Bahkan Red Hat dapat melakukan serangan dengan skala yang lebih besar yang dapat melumpuhkan sistem yang dimiliki oleh Black Hat.

  1. Blue Hat

Blue Hat hackers adalah jenis peretas pemula seperti Script Kiddies yang melakukan serangan hanya sekedar untuk membalas dendam mereka. Peretas jenis Blue Hat juga tidak memiliki keinginan untuk lebih meningkatkan keterampilan mereka, karena fokus utama mereka hanya ketika ingin membalas dendam.

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda khawatir sistem keamanan Anda dapat dibobol oleh peretas yang tidak bertanggung jawab, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Kami memiliki layanan penetration testing yang dapat Anda gunakan untuk mencari kelemahan sistem. Tim profesional kami akan membantu Anda untuk meningkatkan sistem keamanan sehingga Anda dapat menghindari berbagai serangan berbahaya di dunia maya. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa penetration testing yang kami tawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts