Kelebihan dan Kekurangan Sistem E-Payment di E-Commerce

E-payment merupakan sistem pembayaran elektronik yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi melalui media elektronik tanpa harus menggunakan cek atau pun uang tunai. E-payment juga sering disebut sebagai  electronic payment atau pembayaran online.

Pengguna sistem pembayaran ini sudah semakin meningkat beberapa tahun terakhir seiring dengan meningkatnya bisnis online seperti e-commerce. Beberapa bentuk e-payment yang sering digunakan di dalam e-commerce seperti bank transfer, e-wallets, serta pembayaran melalui kartu kredit atau pun debit.

Sistem e-payment hadir dengan berbagai kelebihan. Namun di sisi lain sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari sistem electronic payment ini.

Kelebihan E-Payment

  1. Menghasilkan lebih banyak penjualan

Sistem ini memungkinkan konsumen untuk membayar produk dan layanan secara online tanpa harus bertemu dengan pihak penjual. Oleh karena itu, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial di berbagai wilayah sehingga dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

  1. Transaksi menjadi lebih efektif dan efisien

Sistem pembayaran ini jauh lebih efektif dan efisien daripada pembayaran tunai. Hanya dengan menggunakan smartphone atau aplikasi internet banking, konsumen dapat membayar barang yang mereka beli dengan cepat dan mudah. Selain itu, konsumen dapat membayar produk yang dibeli dari situs e-commerce kapan saja dan di mana saja selama perangkat yang mereka gunakan terhubung dengan koneksi internet.

  1. Kontrol pengeluaran untuk pelanggan

Pengguna dapat memeriksa akun virtual dan melihat semua pengeluaran dan riwayat transaksi.  Hal ini dapat memudahkan pengguna untuk mengontrol jumlah pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya.

Baca Juga: 4 Jenis Bisnis E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui

e-payment

Kekurangan E-Payment

  1. Kemungkinan terkena serangan hacker

Melihat semakin berkembangnya teknologi, saat ini penjahat juga ikut beralih menyerang sistem digital. Jika Anda tidak menggunakan sistem keamanan yang baik, risiko terjadinya data breach juga dapat terjadi di bisnis Anda. Oleh karena itu sistem pembayaran yang aman harus selalu Anda prioritaskan. Jika Anda menggunakan sistem payment gateway, pastikan mereka menyediakan sistem fraud detection untuk mencegah terjadinya kecurangan atau penipuan.

  1. Kurangnya privasi

Semua informasi transaksi seperti data penerima, jumlah dana, serta waktu pembayaran akan tersimpan di database sistem pembayaran yang Anda gunakan. Hal ini menyebabkan kurangnya privasi pada sistem e-payment.

  1. Membutuhkan akses internet

Pengguna membutuhkan koneksi internet untuk melakukan pembayaran online. Tanpa koneksi internet, pengguna tidak bisa menggunakan sistem e-payment ini.

  Baca Juga: 4 Jenis Payment Gateway untuk Mempermudah Transaksi Online

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pembuatan sistem toko online atau e-commerce yang terintegrasi dengan berbagai jenis payment gateway. Kami juga memiliki tim ahli web security untuk membantu memastikan website atau e-commerce yang Anda kelola memiliki sistem keamanan yang baik. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mengetahui detail layanan yang kami sediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts