Tips Mengurangi Biaya Pengembangan Mobile App

Beberapa tahun terakhir, banyak konsumen yang beralih menggunakan mobile app karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Konsumen dapat berbelanja, berkomunikasi, dan melakukan berbagai aktivitas lain dengan bantuan mobile app.

Melihat trend ini semakin berkembang, banyak perusahaan yang memutuskan untuk mengembangkan aplikasi untuk peningkatan layanan kepada konsumennya. Agar biaya yang harus Anda keluarkan tidak terlalu tinggi untuk pengembangan mobile app, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

  1. Rencanakan proses pengembangan mobile app

Aplikasi hadir untuk memberi kemudahan bagi penggunanya. Namun pengembangan aplikasi merupakan proses yang rumit dan terkadang membutuhkan beberapa kali perubahan agar dapat bekerja sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Perlu Anda ketahui, setiap perubahan yang Anda lakukan dapat meningkatkan biaya pengembangan. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengembangkan aplikasi, ada baiknya jika Anda membuat perencanaan terlebih dahulu.

Diskusikan bersama tim dan pihak pengembang untuk menimbang kelebihan dan kekurangan dari berbagai ide yang Anda miliki. Diskusikan juga fitur-fitur apa saja yang perlu ditambahkan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik.

mobile app

  1. Siapkan sketsa desain

Pihak developer membutuhkan gambaran yang jelas mengenai tampilan dan interface aplikasi yang ingin dikembangkan. Dengan menyajikan sketsa, Anda dapat secara efektif menyampaikan berbagai ide kepada developer.

Sketsa yang Anda buat dapat membantu developer untuk memahami gambaran desain yang Anda inginkan. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari biaya tambahan ketika desain tidak sesuai dan developer harus mengulang lagi desain dari awal.

Baca Juga: 3 Kesalahan Fatal dalam Pengembangan Mobile Application

  1. Tentukan platform aplikasi

Membuat aplikasi untuk semua platform memang dapat menjangkau lebih banyak pengguna. Namun perlu Anda ketahui, pengembangan aplikasi untuk platform iOS, Android, dan Windows secara bersamaan membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, sebagai langkah awal dalam pembuatan aplikasi, Anda dapat memilih salah satu platform untuk dikembangkan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuat aplikasi lintas platform yang dapat bekerja untuk multiple platform.

  1. Gunakan jasa pengembangan mobile app profesional

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengembangan aplikasi merupakan proses yang panjang dan cukup kompleks. Oleh karena itu, gunakan jasa pengembang aplikasi profesional untuk membantu Anda.

Pastikan mereka juga menyediakan layanan lain seperti desain atau pun digital marketing agar Anda tidak lagi perlu mencari agensi lain untuk melakukannya. Hal ini tentu akan jauh lebih hemat daripada Anda harus menggunakan agensi yang berbeda-beda untuk setiap layanan yang Anda butuhkan.

Baca Juga: App Store Optimization : Solusi Meningkatkan Popularitas Aplikasi Seluler

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT berpengalaman dengan berbagai layanan mulai dari jasa pengembangan aplikasi, pembuatan website, digital marketing, optimasi SEO, dan lain-lain. Jika saat ini Anda memiliki rencana untuk mengembangkan aplikasi, Anda dapat mempercayakannya kepada Logique. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik jasa pembuatan mobile app Logique. Anda juga dapat menghubungi kami secara langsung untuk mendapat informasi tentang layanan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts