Tips yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Data Breaches

Data breaches atau pelanggaran data dapat terjadi ketika hacker berhasil masuk ke sumber data dan mengekstraksi informasi penting di dalamnya. Mereka kemudian akan menyalin, memindah, mencuri, mengubah, dan menggunakan data-data tersebut untuk berbagai tujuan.

Hacker pada umumnya akan mulai melakukan sejumlah serangan ketika mereka mengetahui terdapat kelemahan keamanan dalam suatu sistem. Data-data sensitif yang sudah mereka dapat biasanya akan digunakan untuk menggandakan kartu kredit, melakukan penipuan, atau bahkan pemerasan. Data yang dicuri biasanya juga akan berakhir di dalam Dark Web. Dark Web tidak dapat diindeks oleh mesin pencari dan Anda memerlukan jenis browser khusus yang untuk bisa melihatnya. Sebagian besar, penjahat menggunakan Dark Web untuk lalu lintas berbagai barang ilegal.

Untuk menghindari data breaches, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Tingkatan security awareness di perusahaan

Melatih dan mendidik karyawan merupakan salah satu langkah penting yang harus Anda lakukan. Anda dapat menerapkan security policies untuk memastikan karyawan turut serta dalam melindungi keamanan sistem, seperti menggunakan password yang kuat, mengenali jenis serangan malware, mengenkripsi email dan data saat mengirimnya ke karyawan lain, dan lain-lain. Security policies dapat Anda perbarui secara berkala karena jenis ancaman juga akan semakin berkembang.

Baca Juga: Mengapa Menjaga Keamanan Aplikasi Penting Bagi Perusahaan Anda ?

data breaches

  1. Backup data

Langkah ini memang tidak dapat mencegah terjadinya data breaches, namun sangat berguna ketika Anda harus memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan. Tidak semua hacker mencuri data untuk dijual atau digunakan secara ilegal. Beberapa hacker melakukan data breaches untuk menghapus data-data penting Anda. Oleh karena itu, back up data sangat penting, karena ketika data hilang atau pun rusak, perusahaan masih memiliki data cadangan. Data-data penting yang sudah Anda backup dapat membantu perusahaan untuk dapat bangkit kembali.

Saat ini, banyak perusahaan yang mengandalkan cloud storage providers untuk mem-backup data bisnis mereka. Namun sebagian besar perusahaan tidak memahami dengan jelas bagaimana data mereka dilindungi. Untuk mendapatkan layanan yang tepat, Anda dapat menanyakannya langsung kepada cloud storage providers yang Anda pilih. Tanyakan langkah-langkah yang diambil untuk melindungi data bisnis Anda, siapa saja yang berwenang mengaksesnya, dan apa yang terjadi pada data tersebut jika Anda memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan mereka. Selain menyimpan data di dalam cloud, ada baiknya jika Anda juga mempertimbangkan untuk menyimpan data ke dalam drive fisik.

Baca Juga: Lemahnya Keamanan Data Menjadi Penyebab Pelanggaran Data

  1. Tingkatkan cyber security dan penetration testing

Cyber security harus menjadi prioritas untuk melindungi data-data penting. Untuk meningkatkan cyber security di dalam sistem, Anda dapat melakukan perlindungan berlapis seperti dengan menggunakan firewall, sistem antivirus, menggunakan software terbaru,  serta enkripsi data. Langkah-langkah tersebut dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko data breaches.

Anda juga dapat meminta bantuan kepada ahli cyber security untuk melakukan penetration testing. Penetration testing adalah serangkaian proses pengujian sebuah sistem atau jaringan. Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah keamanan yang terdapat pada sistem atau aplikasi mempunyai celah sehingga dapat segera diperbaiki. Langkah ini dapat membantu Anda untuk meminimalisir data breaches karena hacker pada umumnya akan melakukan serangan ketika ada celah keamanan.

Logique Digital Indonesia

Jika Anda mencari jasa pen test Jakarta, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Kami menyediakan jasa penetration testing untuk membantu perusahaan Anda agar terhindar dari sejumlah dampak dari serangan hacker. Kami akan membantu mencari celah keamanan sehingga sistem dapat segera Anda perbaiki. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, Anda bisa menghubungi kami atau  klik jasa penetration testing Logique.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts