Frameworks Populer untuk Membangun Progressive Web Apps (PWA)

Progressive Web Apps

Progressive Web Apps ( PWA ) adalah aplikasi website yang menggunakan kemampuan web modern untuk memberikan pengalaman seperti aplikasi asli kepada pengguna. Meskipun teknologi ini sudah lama ada, namun PWA masih mendapatkan popularitas untuk beberapa tahun terakhir ini. PWA mampu memberikan pengguna seluler pengalaman yang lebih mendalam serta sebanding seperti ketika mereka menggunakan aplikasi asli.

Salah satu langkah awal yang harus Anda lakukan ketika membangun Progressive Web Apps adalah menentukan framework apa yang akan Anda gunakan. Berikut kami sediakan framework terpopuler yang sering digunakan untuk membangun PWA.

Framework untuk Membangun Progressive Web Apps

  1. AngularJS

AngularJS adalah framework berbasis Javascript untuk membangun aplikasi responsif yang kuat dan handal. Framework ini pertama kali diperkenalkan oleh Google pada tahun 2009 dan menjadi salah satu framework Progressive Web Apps yang paling populer. Angular versi 5 memiliki service workers untuk memudahkan proses development. Service workers ini didesain untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna ketika mereka menggunakan koneksi yang lambat atau buruk.

Angular versi 6 yang sudah dirilis hadir dengan dua perintah CLI tambahan untuk menyederhanakan proses downloading dan installing web aplikasi pada perangkat.

  1. React

React merupakan framework Progressive Web Apps untuk library Javascript. Framework ini banyak digunakan untuk mengembangkan PWA karena menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi. React juga memiliki beberapa kelebihan lain seperti kemampuan rendering yang cepat dengan Virtual-DOM, ekosistem yang luas, memiliki komunitas terbesar serta didukung oleh Facebook.

Progressive Web Apps

Baca Juga: 3 Bahasa Pemrograman untuk Pengembangan Android Application

  1. Ionic

Ionic diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013 sebagai SDK open-source. Framework ini didukung oleh AngularJS dan Apache Cordova, serta sudah digunakan untuk mengembangkan lebih dari 5 juta aplikasi hybrid. Ionic memungkinkan pengembang untuk membuat halaman web yang berjalan di dalam browser perangkat menggunakan WebView. Ionic memiliki kemampuan untuk merender halaman web sehingga menyerupai aplikasi asli.

  1. Polymer

Polymer merupakan framework open source yang dikembangkan oleh Google. Framework ini menawarkan beragam tools, templates, dan web components yang dapat menyederhanakan proses pengembangan PWA. Polymer juga memiliki dokumentasi yang baik mencakup semua tahap pengembangan aplikasi.

Baca Juga: Web App VS Website – Apa Saja Perbedaan Keduanya?

Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT yang menyediakan jasa pembuatan website versi mobile dengan mengimplementasikan penggunaan teknologi baru seperti PWA atau AMP. Kami juga melayani jasa pengembangan aplikasi Android/iOS yang sudah disesuaikan dengan pasar di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami silakan klik Layanan Logique. Anda juga bisa menghubungi kami secara langsung untuk mendapatkan penjelasan dari tim Logique.

One thought on “Frameworks Populer untuk Membangun Progressive Web Apps (PWA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts