Data-data yang Dapat Anda Analisis dari Instagram Insight

Juli 23rd, 2019 |

Instagram insight merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Instagram untuk mengelola bisnis. Fitur ini bekerja sebagai analytic tools yang menyediakan beberapa data penting seperti, demografi follower, tindakan follower terhadap content yang Anda posting, dan lain-lain. Data-data yang tersaji di dalam Instagram Insight dapat Anda analisis dan Anda gunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau lebih banyak target audiens. Analisis data juga perlu Anda lakukan secara rutin untuk mengetahui kinerja masing-masing content yang Anda posting.

Perlu Anda ketahui, Instagram insight ini hanya dapat digunakan oleh pemilik akun bisnis. Oleh karena itu, jika saat ini Anda masih menggunakan akun personal, Anda harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi akun bisnis. Berikut data-data yang tersedia di dalam Instagram Insight.

Tab Audience

  1. Pertumbuhan follower

Hal pertama yang dapat Anda lihat di dalam tab audience adalah follower growth atau perkembangan follower. Jika tujuan pemasaran yang Anda lakukan adalah untuk mengembangkan akun Instagram, maka Anda dapat melihat perkembangannya dari data ini. Data di dalam Instagram Insight ini juga dapat Anda gunakan untuk menganalisis apakah  pertambahan follower terkait dengan konten baru yang telah Anda posting atau perubahan pada strategi Instagram Anda.

  1. Lokasi follower

Data yang tersaji berupa lokasi follower beserta jumlah persentase untuk masing-masing kota dan negara. Dengan data tersebut, Anda dapat mengetahui lokasi follower terbanyak berada di negara apa sehingga Anda dapat menyesuaikan zona waktu yang tepat ketika memposting sebuah konten.

  1. Usia dan jenis kelamin

Data berupa usia dan jenis kelamin dapat membantu Anda untuk memastikan apakah bisnis Anda telah menjangkau target audiens yang tepat. Jika Anda melihat usia audiens Anda ternyata lebih tua atau mungkin lebih muda dari target pasar yang Anda tentukan, maka evaluasi kembali konten agar dapat menjangkau target yang tepat.

  1. Waktu paling aktif audiens di Instagram

Data terakhir yang tersedia di dalam tab audience adalah waktu paling aktif dari follower Anda, berdasarkan jam dan hari dalam seminggu. Jika Anda tidak mengetahui waktu yang tepat untuk memposting konten pemasaran, data-data ini akan sangat membantu Anda.

Baca Juga: Facebook Ads : Bagaimana cara membuat iklan di Facebook ?

Tab Activity

INSTAGRAM INSIGHT

Sumber : adespresso

  1. Interactions

Data yang tersaji menunjukkan berapa kali pengguna berinteraksi dengan akun Instagram Anda selama tujuh hari terakhir. Interaksi tersebut dilihat dari beberapa metrik yaitu frekuensi follower menekan tombol panggil di profil Instagram Anda, jumlah komentar, jumlah like, jumlah follower yang membuka tautan web di bio profil, dan lain-lain.

  1. Discovery

Data Instagram Insight selanjutnya adalah discovery yang berguna untuk menampilkan performa akun secara keseluruhan selama tujuh hari terakhir. Data yang ditampilkan adalah impressions dan reach.

  • Impressions, yaitu jumlah total berapa kali konten yang Anda posting dilihat oleh follower Anda.
  • Reach, yaitu jumlah akun unik yang telah melihat konten yang Anda posting.

Tab Content

Tab content menunjukkan metrik yang terkait dengan konten Anda. Terdapat tiga bagian di dalamnya, yaitu :

  • Feed : Foto dan video yang Anda bagikan ke feed Instagram Anda
  • Stories : Stories yang Anda buat
  • Promotions : Content berbayar yang telah Anda bagikan

Baca Juga: 4 Jenis Layanan Google yang Dapat Anda Gunakan untuk Beriklan

Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT profesional yang menyediakan jasa digital marketing dan jasa optimasi SEO untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan banyak keuntungan melalui pemasaran digital silakan klik jasa digital marketing dan jasa optimasi SEO kami. Anda juga bisa menghubungi kami secara langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *