Dos & Donts Ketika Mencari Karyawan dengan Sistem Online Recruitment

Online recruitment merupakan suatu metode yang digunakan untuk menemukan karyawan potensial secara online atau dengan bantuan teknologi digital. Dengan adanya internet, web, atau pun aplikasi, lowongan pekerjaan dapat disebarluaskan dengan cepat serta menjangkau wilayah yang lebih luas.

Di era digital seperti sekarang ini, sebagian besar perusahaan sudah menerapkan sistem online recruitment. Agar online recruitment dapat berjalan dengan baik terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut dos and dont ketika merekrut karyawan dengan sistem online.

Dos

Sediakan halaman karir yang menarik

Website tidak hanya berfungsi sebagai media untuk menarik calon pembeli, namun juga dapat Anda gunakan untuk menarik minat calon karyawan potensial. Oleh karena itu, sediakan halaman karir di dalam website Anda.

Buat halaman karir yang menarik dengan mengisi beberapa konten yang menceritakan keunikan perusahaan Anda. Informasikan juga keuntungan yang karyawan dapatkan selama bekerja di perusahaan. Anda juga dapat menginformasikan hal-hal lain yang dapat membuat calon karyawan merasa perusahaan Anda merupakan tempat yang hebat untuk bekerja. Ketersediaan informasi yang lengkap dapat membuat kandidat menjadi semakin yakin dengan reputasi perusahaan Anda.

Gunakan video

Video memiliki cara yang lebih menarik dalam menyampaikan pesan daripada konten yang disediakan dalam bentuk teks atau pun gambar. Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan perusahaan untuk menarik minat calon karyawan potensial. Video juga dapat Anda gunakan untuk menujukkan culture company atau suasana bekerja di perusahaan Anda.

Manfaatkan sosial media

Sosial media memiliki peran yang besar untuk proses online recruitment. Selain dapat digunakan untuk menunjukkan profil perusahaan, sosial media juga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan calon kandidat Anda. Bagikan info lowongan dengan konten gambar atau video yang menarik serta relevan dengan posisi yang sedang Anda butuhkan.

Baca Juga: Sulit Mengontrol Kinerja Karyawan? Gunakan Sistem Kerja Modern Berikut!

Online Recruitment

DONTS

Tidak berinteraksi dengan kandidat

Meskipun saat ini terdapat banyak online recruitment tools untuk menyeleksi, Anda harus tetap berinteraksi dengan kandidat. Setelah recruitment tools mengumpulkan CV kandidat, Anda dapat menghubungi kandidat untuk melanjutkan tahap interview. Proses interview akan membantu Anda mengenal kandidat lebih dalam lagi. Anda juga bisa mengetahui karakter kandidat apakah mereka sesuai dengan culture perusahaan atau tidak.

Menggunakan sistem recruitment dengan alur rumit

Proses recruitment menghabiskan banyak biaya dan waktu. Tidak heran jika banyak perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk mempermudah proses tersebut. Dengan bantuan teknologi, saat ini kandidat dapat mengirim CV dan mengerjakan test secara online. Namun perlu Anda perhatikan, sistem yang rumit dengan alur yang panjang dapat membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan karyawan potensial. Oleh karena itu gunakan sistem yang mudah digunakan, singkat dan sederhana.

Baca Juga: 3 Bantuan Teknologi dalam Proses Seleksi Karyawan

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan sistem online recruitment bernama Sugoi-Saiyo. Sugoi-Saiyo merupakan  sistem IT yang kami sediakan untuk  membantu perusahaan dalam merekrut calon karyawan.

Sistem juga memberikan kenyamanan bagi para pelamar. Mereka dapat dengan mudah mengelola seluruh proses lamaran mulai dari upload CV hingga konfirmasi status, test, sampai surat penawaran yang berasal dari perusahaan. Jika perusahaan Anda membutuhkan sistem IT yang dapat bekerja dengan baik untuk membantu proses seleksi karyawan silakan kunjungi halaman Sugoi-Saiyo. Anda juga bisa menghubungi kami untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts