Tools ini Akan Membantu Anda ketika Bekerja Secara Remote

Bekerja secara remote saat ini menjadi impian bagi sebagian besar karyawan masa kini. Sistem ini memungkinkan karyawan untuk bekerja dari mana saja. Karyawan juga dapat bekerja secara fleksibel sehingga memiliki waktu yang lebih banyak untuk berkumpul bersama keluarga.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengijinkan karyawannya untuk bekerja secara remote, salah satunya adalah Logique Digital Indonesia. Jika Anda tertarik untuk menjadi pekerja remote maka terdapat beberapa tools yang harus Anda persiapkan untuk mempermudah pekerjaan Anda nantinya.

  1. Team chat

  • Slack
bekerja secara remote
Sumber : Slack

Slack merupakan aplikasi instant messaging yang banyak digunakan oleh pekerja remote. Aplikasi ini memiliki semua fitur kolaborasi yang Anda butuhkan untuk berkomunikasi dengan karyawan lain. Beberapa fitur yang disediakan seperti fitur “Channel” yang berfungsi sebagai saluran diskusi dengan tim dan “Direct Message” yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi secara personal. Anda juga dapat berbagi file atau dokumen secara fleksibel.

  • HipChat

HipChat  juga dapat Anda gunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan tim. Melalui alat yang cukup efektif sebagai aplikasi kerja remote ini, Anda dapat membuat room chat, berbagi file, dan lain-lain. Perlu diketahui, pada awalnya HipChat merupakan kompetitor bagi Slack, namun saat ini HipChat telah diakuisisi oleh Slack.

  1. Meetings & Video Chat

  • Google Hangouts

Google Hangouts adalah platform untuk berkomunikasi yang dikembangkan oleh Google yang mencakup fitur chat dan video chat. Meskipun Anda berada di lokasi yang berbeda dengan karyawan yang lain, Anda tetap dapat mengikuti meeting menggunakan aplikasi ini. Google Hangouts memiliki tampilan sederhana dan user interface yang baik sehinggga mudah untuk Anda operasikan.

  • Zoom

Zoom adalah aplikasi untuk membuat panggilan group dengan kualitas gambar yang sangat baik. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membuat jadwal meeting, serta dapat merekam panggilan atau video chat dengan durasi penuh.

Baca Juga: Remote Work: Kelebihan & Kekurangan Bekerja Remote untuk Karyawan

  1. Project Management

  • Trello
bekerja secara remote
Sumber : Trello

Trello merupakan aplikasi kolaborasi yang digunakan untuk menyelesaikan proyek bersama-sama. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam menyusun rencana kerja dan menyelesaikannya sesuai dengan deadline yang telah dibuat. Di dalamnya terdapat “Board” yang dapat Anda beri nama sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

  • JIRA

Jira dikembangkan oleh Atlassian dan digunakan untuk bug tracking, issue tracking, dan manajemen proyek. Nama JIRA diambil dari istilah Bahasa Jepang yaitu “Gojira” yang berarti Godzilla. JIRA memiliki banyak fungsi dan fitur yang berguna untuk mempermudah penanganan masalah.

  1. Cloud Storage & Collaboration

  • Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google sebagai media untuk menyimpan dokumen atau file berbasis cloud. Anda tidak lagi perlu datang ke kantor untuk mengirim file penting, karena aplikasi ini akan melakukannya untuk Anda. Google Drive juga memungkinkan pengguna untuk membuat spreadsheet yang dapat dikelola secara bersama-sama.

  • Dropbox

Selain Google Drive, Dropbox juga dapat Anda andalkan untuk menyimpan file dan dokumen secara aman. Dropbox memungkinkan pekerja remote untuk berbagi file dengan ukuran besar seperti power point, design, photoshop, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Menjaga Produktivitas Karyawan Remote atau Kerja Jarak Jauh

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda memiliki skill di bidang web developer dan ingin bekerja secara remote, Anda dapat bergabung bersama Logique Digital Indonesia. Saat ini, kami membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi, seperti Front End Developer, Quality Assurance, Web Developer, dan masih banyak lagi. Silakan kunjungi halaman karir Logique untuk menemukan posisi sesuai dengan skill dan pengalaman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts