App Store Optimization : Solusi Meningkatkan Popularitas Aplikasi Seluler

Aplikasi seluler saat ini sudah banyak dikembangkan untuk memudahkan aktivitas pengguna. Persaingan antar aplikasi juga menjadi semakin ketat. Berdasarkan data yang diperoleh dari statista.com , jumlah aplikasi di Google Play Store sudah mencapai 2,7 juta, sedangkan jumlah aplikasi di App Store mencapai 1.8 juta.

Jika Anda merilis produk berupa aplikasi seluler maka Anda harus bersaing dengan jutaan aplikasi yang lain. Agar aplikasi yang Anda kembangkan lebih mudah untuk ditemukan, Anda dapat memasarkannya menggunakan metode App Store Optimization ( ASO ).

Apa itu ASO ?

Pada dasarnya ASO atau App Store Optimization hampir sama dengan SEO. Jika SEO digunakan untuk mengoptimalkan website, maka ASO digunakan untuk mengoptimalkan aplikasi.

ASO adalah proses optimasi aplikasi seluler agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di dalam hasil pencarian Google Play Store atau App Store. Hal ini dilakukan agar aplikasi menjadi lebih mudah ditemukan sehingga dapat digunakan oleh banyak orang.

Sama dengan SEO, ASO juga membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda harus memantau dan memperbaiki teknik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah unduhan aplikasi Anda.

Panduan optimalisasi aplikasi seluler dengan ASO

  1. Buat judul / nama aplikasi yang deskriptif

Judul atau nama aplikasi yang deskriptif tidak hanya akan membantu pengguna dalam mengidentifikasi fungsi aplikasi, namun juga dapat membantu meningkatkan peringkat. Anda juga bisa memasukkan kata kunci yang relevan seperti yang dilakukan oleh aplikasi Google Trip yang menambahkan kata kunci “Travel Planner” di belakang nama utama mereka. Selain itu, pastikan aplikasi memiliki nama yang singkat dan unik agar mudah diingat oleh pengguna.

APLIKASI SELULER

  1. Gunakan kata kunci relevan

Sama seperti SEO, kata kunci memegang peran penting untuk mengoptimalkan aplikasi. Sisipkan kata kunci relevan ke dalam judul atau deskripsi aplikasi Anda. Lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi namun dengan tingkat kompetisi yang rendah.

  1. Buat deskripsi dengan baik

Ketika users tertarik dengan judul yang telah Anda buat, mereka akan mencari informasi lebih dalam melalui kolom deskripsi. Oleh karena itu, kesempatan untuk mendapatkan pengguna baru tidak boleh Anda sia-siakan. Deskripsi juga akan membantu algortima app store untuk menemukan kata kunci untuk mengindeks aplikasi Anda. Buatlah deskripsi aplikasi secara informatif, mudah dimengerti, terstruktur, dan mengandung kata kunci.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Mobile Security untuk  Aplikasi Anda?

  1. Siapkan screenshot dan video app berkualitas

Screenshot dan video dapat memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan fungsionalitas aplikasi. Sebagian besar pengguna juga akan merasa lebih yakin untuk mengunduh aplikasi ketika mereka dapat melihat deskripsi aplikasi dengan detail visual.

  1. App ratings dan reviews

Feedback dari pengguna juga menjadi bagian yang perlu Anda perhatikan. App store akan memperhitungkan komentar dan ulasan yang pengguna tinggalkan untuk aplikasi Anda. Semakin banyak rating positif yang Anda dapat , maka semakin besar pula kemungkinan aplikasi Anda mendapat peringkat yang baik di hasil pencarian.

Untuk mendapatkan ulasan positif dari pengguna, Anda dapat meminta ketika mereka selesai menggunakan aplikasi Anda. Sebagai contoh, jika aplikasi yang Anda kembangkan berupa online shop, Anda dapat meminta ulasan positif ketika pengguna selesai melakukan pembelian.

aplikasi seluler
Sumber : Shopgate
  1. Gunakan app store analytics

Untuk mengetahui apakah metode yang telah Anda lakukan berjalan dengan baik, Anda dapat menggunakan beberapa app strore analytic untuk melacak perkembangan  performa aplikasi. Data yang Anda peroleh nantinya dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan aplikasi, serta meningkatkan strategi ASO yang Anda lakukan.  Beberapa alat yang dapat Anda gunakan seperti App Radar, Appsflyer, AppAnnie SplitMetrics, dan lain-lain.

Baca Juga: Mengapa Menjaga Keamanan Aplikasi Penting Bagi Perusahaan Anda ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan berbagai macam layanan mulai dari  jasa pembuatan website, pengembangan aplikasi, digital marketing, optimasi SEO dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional yang akan membantu mengoptimalkan bisnis Anda melalui teknologi digital. Silakan hubungi kami atau kunjungi halaman Layanan Logique untuk melihat detail layanan yang kami berikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts