Facebook Ads : Bagaimana cara membuat iklan di Facebook ?

Cara membuat iklan dapat bekerja secara efektif jika Anda memanfaatkan kekuatan media sosial seperti Facebook. Meskipun saat ini terdapat beberapa media sosial favorit seperti Instagram atau pun Youtube, namun Facebook masih memiliki pengguna dengan jumlah yang cukup besar.

Berdasarkan data yang kami dapat dari Statista.com, 3 bulan pertama pada tahun 2019, Facebook memiliki pengguna aktif bulanan mencapai 2,38 miliar dari seluruh dunia. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme pengguna untuk menggunakan media sosial ini masih sangat besar dan Anda dapat memanfaatkannya untuk memasarkan produk.

Apa itu Facebook Ads ?

Facebook Ads merupakan fitur yang disediakan oleh Facebook untuk mempromosikan produk atau layanan dengan jangkauan yang dapat diatur. Iklan dapat Anda targetkan secara spesifik seperti lokasi, demografi, profil audiens, dan lain-lain.

Cara Membuat Iklan di Facebook

  1. Login ke Facebook Ads

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun Facebook yang Anda miliki. Setelah berhasil login, silakan masuk ke halaman Facebook Ads Manager.

  1. Membuat iklan

Di dalam Facebook Ads Manager, Anda akan melihat banyak fitur yang dapat digunakan. Untuk membuat iklan, Anda harus berada di tab “Campaigns”, kemudian klik pada tombol +Create.

cara membuat iklan

 

Baca Juga: Inilah Tools Pada Facebook Ads Untuk Tingkatkan Performa Iklan

  1. Tentukan tujuan iklan

Facebook menyediakan 3 opsi yang dapat Anda pilih yaitu awareness, consideration, dan conversion. Facebook akan menampilkan iklan berdasarkan dari tujuan yang Anda pilih. Oleh karena itu pilih opsi yang paling sesuai dengan tujuan iklan Anda. Sebagai contoh, jika tujuan iklan adalah untuk mempromosikan situs website Anda, maka Anda dapat memilih opsi conversion.

CARA MEMBUAT IKLAN

 

  1. Beri nama iklan

Setelah menentukan tujuan, Anda dapat membuat nama untuk iklan tersebut. Hal ini berfungsi untuk memudahkan Anda ketika menganalisis performa iklan yang Anda buat.

  1. Tentukan target auidiens

Cara membuat iklan agar bisa menjangkau target yang tepat dapat Anda lakukan pada step ini. Anda dapat mengatur target berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, serta bahasa yang digunakan. Facebook juga menawarkan dua opsi untuk menargetkan audiens, yaitu dengan membuat target audiens yang baru atau menggunakan data target audiens yang sudah tersimpan.

CARA MEMBUAT IKLAN

 

Baca Juga: Begini Cara Memaksimalkan Media Sosial Facebook Untuk Bisnis

  1. Tentukan penempatan

Jika saat ini Anda sedang menyiapkan iklan untuk pertama kali, sebaiknya Anda memilih automatic placements ( penempatan otomatis ). Opsi ini memungkinkan Facebook untuk menayangkan iklan secara otomatis di tempat-tempat yang memiliki kinerja paling baik.

  1. Tentukan anggaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran yang harus dikeluarkan. Terdapat dua cara untuk menentukan biaya iklan yaitu Cost Per Mille (CPM) dan Cost Per Click (CPC).

CPM adalah biaya yang harus Anda bayar untuk 1000 kali penayangan iklan, sedang CPC merupakan biaya yang harus Anda bayar untuk setiap klik pada iklan Facebook Anda.

  1. Siapkan iklan Anda

Anda dapat memilih format iklan yang ingin Anda gunakan, baik itu karosel, gambar, video, tayangan slide atau yang lain. Anda juga bisa menambahkan deskripsi untuk memudahkan audiens dalam memahami isi iklan Anda. Pastikan Anda mengisi URL tujuan dengan link website yang ingin Anda promosikan.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pemasaran digital untuk Anda. Kami mempunyai beragam strategi digital marketing, mulai dari menjalankan iklan, pengembangan media sosial (SNS), optimasi SEO, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik Jasa Digital Marketing Logique. Dengan tim profesioal yang kami miliki, Logique akan mengoptimalkan bisnis Anda melalui teknologi digital. Silakan hubungi kami sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts