9 Cara Meningkatkan Traffic Website, Gratis!

Cara meningkatkan traffic website tidak sulit. Hanya bermodal waktu dan ketekunan, traffic website Anda bisa meningkat dalam waktu singkat. Traffic yang didapat pun tidak hanya dari user yang sekadar mampir, namun juga user yang benar-benar tertarik dengan bisnis Anda, yang bisa betah menjelajahi website Anda.

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang menggunakan website sebagai sarana utama bisnis Anda. Misalnya untuk penjualan. Anda tentu ingin website Anda tidak hanya dibanjiri traffic visit, namun juga traffic check out penjualan atau conversion. Dengan kata lain, orang yang mengunjungi website Anda adalah customer Anda yang tepat.

Strategi dan Channel yang Tepat

Ada banyak cara meningkatkan traffic website yang dapat dilakukan dengan instan maupun organik. Meskipun caranya berbeda, namun secara keseluruhan mereka mampu memberikan hasil yang maksimal jika dilaksanakan secara selaras dan benar.

Beberapa strategi dan channel yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Online directory list
  • On-page SEO
  • Off-page SEO
  • Email marketing
  • Social media
  • Online ads
  • Blogging

Akan tetapi, di artikel ini kita hanya membahas cara meningkatkan traffic website secara gratis, dirangkum dari ThriveHive. Mari kita bahas secara detail.

9 Cara Meningkatkan Traffic Website, Gratis!

Daftarkan bisnis Anda di Google My Business

 

Cara Meningkatkan Traffic dengan Google My Business Listing - LOGIQUE
Cara Meningkatkan Traffic dengan Google My Business Listing – LOGIQUE

 

Misalnya, jika Anda memiliki klinik gigi, Anda harus segera mendaftarkan lokasi dan informasi mengenai klinik gigi Anda di Google My Business agar klinik Anda dapat ditemukan dengan mudah saat seseorang mengetikkan keyword yang relevan. Jika klinik Anda berlokasi dekat dengan user, fitur ini dapat sangat memudahkan Anda untuk langsung dikunjungi dengan arahan (Directions) dari Google Maps yang terintegrasi.

Jadi, jika Anda belum memiliki website khusus untuk klinik gigi Anda, sebaiknya Anda segera memilikinya.

Lakukan optimasi SEO On-page

Ada banyak strategi SEO yang dapat Anda implementasi ke website Anda. Salah satunya yakni dengan menyediakan konten berkualitas tinggi yang informatif dan relevan dengan kebutuhan target Anda.

Dari situlah Anda dapat meningkatkan meta description setiap web page yang akan muncul di bawah URL saat ditampilkan di hasil pencarian Google. Implementasi SEO jenis ini memang memakan waktu yang lama, namun hasil yang didapat juga akan bertahan hingga waktu yang lama pula.

Terdaftar di Situs Pencarian Penyedia Layanan (Business Directory List)

Anda pasti masih familiar dengan Yellow Pages atau Buku Kuning yang berisi daftar alamat dan nomor-nomor telepon penting. Saat ini, tidak perlu lagi membolak-balikkan Buku Kuning untuk menemukan perusahaan penyedia jasa web development terbaik di Jakarta. Orang cukup mencarinya di Google, daftar perusahaan (Business Directory List) yang dibutuhkan pun ada di sana.

Saat pencarian ini terjadi, pastikan perusahaan Anda muncul. Ini adalah cara meningkatkan traffic website yang paling direkomendasi Google. Selain Google My Business yang terkoneksi dengan Google Maps, beberapa Business Directory yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda yakni Yelp, Facebook, Foursquare, Instagram, Zomato, dan masih banyak lagi. Jika bisnis Anda memiliki banyak review positif dari pelanggan Anda, maka peringkat website Anda akan semakin meningkat di mesin pencarian.

Bangun Backlink

Backlink adalah tautan dari website lain ke website Anda. Ini biasanya Anda dapat dari situs review yang merekomendasikan bisnis Anda kepada audiens mereka. Jika situs tersebut berstatus influencer, sudah pasti traffic Anda akan banjir customer yang datang dari website mereka.

Untuk membangun backlink, ada banyak yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan meminta salah satu situs blog ternama di bidang bisnis Anda untuk merekomendasikan bisnis Anda pada audiens mereka dan menautkan link pada website Anda.

Semakin banyak backlink yang terbangun, peringkat website Anda akan semakin merangkak naik di mesin pencarian. Sebab, Google mendeteksi adanya relasi baik yang dibangun antara bisnis Anda dan situs terkenal tadi.

Post ke media sosial populer

 

Posting di Media Sosial - LOGIQUE
Posting di Media Sosial – LOGIQUE

 

Ini merupakan salah satu cara meningkatkan traffic website yang paling efektif dan menyenangkan. Media sosial memainkan peran terpenting dalam pemasaran online. Platform gratis sosial seperti Facebook dan Instagram dapat menjadi sarana terbaik untuk menggiring penggunanya ke website Anda.

Bangun branding yang tepat untuk meraih calon customer di media sosial, lalu buat post konten yang relevan dengan mereka. Akan lebih bagus jika konten post Anda informatif dan menghibur, sehingga bisa dibagikan (share) oleh orang-orang. Gunakan juga #hashtag yang populer dan trending agar post Anda ditemukan bersama produk serupa lainnya.

Buat landing page tersendiri untuk setiap produk/layanan khusus

Jika Anda memiliki bisnis di bidang jasa, Anda bisa membuat landing page yang menawarkan promo khusus untuk layanan Anda. Cara meningkatkan traffic website yang satu ini yaitu dengan menjadikan landing page tersebut primadona website Anda. Misalnya landing page khusus untuk pengguna baru, atau tawaran Download E-Book. Dari sini, customer Anda tentu akan penasaran dengan bisnis Anda secara keseluruhan dan menjelajahi web page Anda yang lainnya.

Target keywords long tail

Keywords long tail saat ini sangat dimanfaatkan para praktisi SEO sebagai salah satu cara meningkatkan traffic website mereka. Sebab, dalam menggunakan mesin pencari seperti Google saat ini, user cenderung memiliki kebutuhan yang semakin spesifik. Mungkin salah satunya Anda yang sering memasukkan query seperti “nasi padang terbaik di Jakarta Selatan” atau “cukur rambut pria murah di Kelapa Gading”.

Meskipun panjang, percaya atau tidak, keywords seperti ini yang sering menggaet banyak traffic yang relevan dengan bisnis terkait. Apalagi dengan adanya pencarian via suara atau Voice Search, query yang diucapkan sudah jarang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja.

Email Marketing

Selain merupakan salah satu cara meningkatkan traffic website, mengirimkan penawaran khusus atau promo eksklusif ke customer Anda lewat email merupakan salah satu cara terampuh untuk menjalin relasi baik dengan mereka. Anda juga bisa mengirim konten-konten website Anda yang mungkin akan mereka sukai. Jangan lupa untuk menautkan link ke website Anda. Jika bisnis Anda merupakan website panduan, buat jadwal otomatis pengiriman email yang dilakukan maksimal setiap pagi.

Menulis konten di situs ternama (guest-blogging)

Salah satu cara terbaik dalam membangun backlink adalah dengan menulis konten di situs-situs blogging ternama, dan menautkan website Anda di sana. Cara lainnya yaitu dengan berkolaborasi dengan sesama blogger atau influencer di bidang yang sama untuk saling menuliskan guest blog.

Itulah 9 cara meningkatkan traffic website secara gratis yang bisa Anda implementasikan pada bisnis Anda. Perlu diingat, setelah mengimplementasikan cara-cara di atas, traffic website Anda tidak serta-merta langsung meningkat. Hasil maksimalnya baru akan terlihat setelah beberapa bulan kemudian. Selama itu, teruslah lakukan optimasi website Anda.

3 thoughts on “9 Cara Meningkatkan Traffic Website, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts