Mengenal Lebih Jauh Mengenai Software Quality Assurance ( SQA )

Software Quality Assurance ( SQA ) memiliki peran yang sangat penting untuk setiap proses pengembangan perangkat lunak. SQA dapat membantu meningkatkan produktivitas developer, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kepercayaan klien terhadap layanan perusahaan, menghemat biaya dan waktu pengembangan, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, semua perusahaan yang bergerak di bidang IT atau memiliki produk yang berkaitan dengan teknologi akan memiliki tim yang akan menjalankan Software Quality Assurance.  Proses ini akan membantu perusahaan untuk memastikan bahwa produk yang dikembangkan telah sesuai dengan permintaan klien serta sesuai dengan standar yang ditentukan.

Apa itu Software Quality Assurance ?

Software Quality Assurance merupakan serangkaian prosedur yang dilakukan oleh QA Engineer atau QA Tester untuk memastikan bahwa produk yang dikembangkan sesuai dengan standar. Software Quality Assurance merupakan juga dapat didefinisikan sebagai suatu pendekatan sistematis untuk mengevaluasi kualitas suatu produk.

Berdasarkan standar internasional  ISO 9126, software dapat dinilai kualitasnya berdasarkan beberapa karakteristik, yaitu:

  1. Functionality ( fungsionalitas )

Fungsionalitas merupakan faktor penting untuk setiap produk. QA harus memastikan bahwa produk yang dikembangkan menyediakan fungsi yang  diterapkan dengan benar serta sesuai dengan kebutuhan user.

  1. Reliability ( Keandalan )

Reliability didefinisikan sebagai kemampuan suatu sistem untuk terus berfungsi ketika digunakan dalam periode waktu tertentu. Faktor keandalan juga dapat dilihat dari performance produk ketika menghadapi suatu kondisi. Sebagai contoh, ketika koneksi mati selama 20 detik dan menyala kembali, produk harus bisa recover dan bekerja kembali secara otomatis.

  1. Usability ( Kebergunaan )

Aplikasi harus dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna. Agar produk mudah untuk dioperasi dan dinavigasi, maka penting bagi pihak pengembang untuk mengetahui siapa yang akan menjadi pengguna dari produk tersebut.

Software Quality Assurance

Baca Juga: Mengapa Quality Assurance Berperan Penting Saat Proses Development ?

  1. Efficiency ( Efisiensi )

Karakteristik ini berkaitan dengan sumber daya sistem yang digunakan ketika software dijalankan. Sumber daya  seperti  jumlah ruang disk, memori, kapasitas prosesor, dan lain-lain harus dapat digunakan secara efisien oleh software yang dikembangkan.

  1. Maintainability ( Maintabilitas )

Software harus memiliki karakteristik maintainability yaitu kemampuan untuk bisa dimodifikasi. Maintainability juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan software untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan.

  1. Portability ( Portabilitas )

Kemampuan perangkat lunak untuk ditransfer dari satu lingkungan ke lingkungan lain. Software harus dapat beradaptasi dengan baik ketika digunakan pada program komputer yang berbeda seperti DOS, windows , dan lain-lain .

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru: Web Programmer (Java Script)

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan seperti jasa pembuatan website, pengembangan aplikasi, digital marketing, dan lain-lain.  Dalam pengembangan aplikasi atau pun website, Logique Digital Indonesia selalu memastikan produk layanan kami memiliki kualitas yang baik. Logique mempunyai tim profesional yang akan membantu Anda untuk mengembangkan aplikasi sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Silakan hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan terkait dengan layanan yang kami berikan.

Saat ini, Logique juga sedang membuka kesempatan bagi Quality Assurance berpengalaman untuk bergabung bersama kami. Silakan klik info lowongan QA untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

One thought on “Mengenal Lebih Jauh Mengenai Software Quality Assurance ( SQA )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts