3 Bantuan Teknologi dalam Proses Seleksi Karyawan

Teknologi yang semakin maju membuat proses seleksi menjadi jauh lebih mudah. Aplikasi atau sistem rekrutmen online akan semakin berkembang untuk beberapa tahun ke depan. Diharapkan dengan penerapan teknologi,  proses seleksi karyawan yang rumit dapat berubah menjadi jauh lebih sederhana.

Hal ini tentu tidak hanya akan menguntungkan pihak perusahaan namun juga bagi para pencari kerja. Berikut adalah beberapa cara bagaimana teknologi dapat membantu proses seleksi untuk perusahaan Anda.

  1. Teknologi membantu mencari kandidat

Teknologi seperti internet mampu menyebarluaskan informasi secara cepat dengan jangkauan yang luas. Info lowongan pekerjaan yang Anda posting melalui media online seperti website atau media sosial akan bekerja jauh lebih efektif daripada info lowongan yang Anda sebarluaskan melalui brosur.

Saat ini juga sudah terdapat teknologi bernama Applicant Tracking Systems ( ATS ) yang mampu menyediakan database kandidat untuk memudahkan proses seleksi. Sistem akan membantu menyortir dan mengelola kandidat sesuai dengan kriteria yang sedang Anda cari sehingga proses seleksi menjadi lebih mudah.

proses seleksi

Baca Juga: 3 Metode Paling Umum untuk Memberi Penilaian Kinerja Karyawan

  1. Test dapat dilakukan secara online

Terkadang perusahaan harus melakukan beberapa test untuk mengetahui skill dan kemampuan kandidat. Pihak perusahaan dapat mengirim test melalui email, dan kandidat dapat mengerjakannya di mana saja. Dengan bantuan teknologi proses pengujian dapat dilakukan secara serentak tanpa harus datang ke lokasi sehingga dapat menghemat banyak waktu.

  1. Wawancara digital

Teknologi juga mampu mempermudah proses interview. Jika dulu interview harus dilakukan secara tatap muka, saat ini interview dapat dilakukan secara online.

Anda dapat menggunakan Google Hangout atau Skype untuk mewawancarai kandidat. Cara ini akan sangat berguna jika kandidat potensial Anda berada di luar kota. Kandidat tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menghadiri proses seleksi karena interview dapat dilakukan di mana saja.

Baca Juga: Ingin proses rekrutmen karyawan berjalan efektif ? coba 4 tips berikut ini!

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan sistem IT bernama Sugoi Saiyo untuk mempermudah proses seleksi karyawan. Pada umumnya staff HR memiliki beberapa kesulitan ketika merekrut karyawan seperti mendapat banyak CV yang tidak sesuai, pelamar tidak menghadiri interview, dan lain-lain.

Dengan sistem Sugoi Saiyo permasalahan di atas dapat diatasi. Sistem ini akan memberikan Anda berbagai kemudahan, yaitu :

  • Menampilkan daftar CV yang telah diterima sehingga dapat dikelola dengan mudah.
  • Membuat jadwal interview secara fleksibel dan transparan.
  • Mengirim dan menerima dokumen seperti technical test, offering letter, dan lain-lain.
  • Memberikan notifikasi via email untuk setiap perkembangan tahap rekrutmen dari kandidat.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai sistem rekrutmen ini silakan klik Layanan Sugoi Saiyo. Anda juga dapat menghubungi kami secara langsung untuk mendapat penjelasan secara lebih detail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts