3 Bahasa Pemrograman untuk Pengembangan Android Application

Jika Anda adalah seorang web developer, mempelajari bagaimana cara membangun android application dapat menambah keterampilan pemrograman Anda. Android application merupakan aplikasi perangkat lunak yang dapat berjalan di platform dengan OS Android.

Meskipun sebagian besar aplikasi Android dibangun menggunakan Java, namun saat ini terdapat bahasa pemrograman lain yang dapat Anda gunakan. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahasa pemrograman, Anda dapat  memilih bahasa mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

android application

Java

Java menjadi bahasa pemrograman paling populer dan paling diminati untuk mengembangkan Android application. Salah satu hal yang menjadi alasan adalah karena Java merupakan bahasa resmi untuk pengembangan Android app serta didukung oleh Google.

Java merupakan bahasa pemrograman yang berifat open-source dan dikembangkan oleh Sun Microsystems. Sampai saat ini Java telah banyak digunakan untuk berbagai pengembangan aplikasi. Sayangnya bahasa ini sedikit rumit sehingga kurang sesuai bagi pemula. Bahasa ini menggunakan banyak kode untuk membangun hal-hal yang sederhana.

Jika Anda membangun aplikasi dengan tujuan belajar, namun memiliki kekhawatiran dengan kode yang kompleks, mungkin Anda dapat menggunakan bahasa lain yang jauh lebih mudah. Namun jika Anda menginginkan pengalaman membangun aplikasi berkualitas, Java dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Cara Buat Aplikasi Android dengan Cepat dan Mudah

Kotlin

Sejak Android Studio 3.0 rilis pada Oktober 2017, Kotlin diumumkan menjadi bahasa resmi lain untuk pengembangan Android application. Kotlin adalah bahasa pemrograman modern, ringkas, aman, berorientasi pada objek, serta dapat digunakan untuk lintas platform.

Kotlin dirancang untuk membangun aplikasi modern dan menyediakan fungsionalitas yang dibutuhkan pengembang aplikasi modern. Bahasa ini mampu mengurangi boilerplate of code atau tingkat kerumitan dari kode yang ditulis sehingga kode menjadi lebih mudah untuk dibaca. Kotlin dapat menjadi bahasa pemrograman yang sesuai untuk mengembangkan Android application untuk pertama kalinya.

C #

C # atau dibaca C-Sharp adalah object-oriented programming language  dari microsoft yang dibangun dengan tujuan untuk menggabungkan kekuatan komputasi C ++ dan kemudahan pemrograman Visual Basic. C-Sharp  merupakan bahasa pemrograman yang sederhana, modern, fleksibel, aman, dan bersifat open source. Bahasa ini juga memiliki beberapa fitur yang hampir sama dengan Java.

Pada umumnya bahasa C# digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Windows. Jika Anda ingin menggunakannya untuk platform Android, Anda bisa mengandalkan sebuah tool bernama Xamarin. Tool ini memungkinkan pengembangan aplikasi lintas platform dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Baca Juga: Cara Membuat Aplikasi Android dengan Mudah Menggunakan Xamarin

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultant IT dengan berbagai layanan terkait pengembangan web dan aplikasi. Jika Anda tertarik untuk membuat aplikasi sendiri, Logique dapat menanganinya untuk Anda. Silakan klik Layanan Pengembangan Aplikasi Mobile dan hubungi kami untuk mendapat info lebih lanjut.

Saat ini Logique Digital Indonesia juga sedang membuka lowongan untuk beberapa posisi seperti mobile app developer, web developer, front end developer, dan lain-lain. Jika Anda memiliki skill  dan pengalaman dalam pengembangan aplikasi atau website, Anda dapat bergabung bersama kami. Silakan kunjungi halaman karir kami dan temukan posisi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts