Remote Work: Kelebihan & Kekurangan Bekerja Remote untuk Karyawan

Juni 24th, 2019 |

Kondisi jalan yang macet serta jauhnya jarak kantor dengan rumah membuat beberapa perusahaan menerapkan sistem remote work untuk karyawannya. Sistem kerja remote memang sedang menjadi tren saat ini. Banyak keuntungan yang dapat dirasakan baik dari karyawan atau untuk perusahaan.

Sistem kerja ini memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja secara fleksibel sehingga mampu menurunkan tingkat stress yang tinggi. Di sisi lain, perusahaan juga akan mendapat keuntungan, mereka bisa lebih fokus untuk merekrut karyawan berdasarkan skill yang kandidat miliki tanpa harus mengkhawatirkan perbedaan wilayah.

remote work

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh buffer.com 2500 pekerja di seluruh dunia, sebanyak 99% karyawan ingin merasakan sistem remote. Untuk sebuah perusahaan IT, terdapat banyak profesi yang memungkinkan karyawan untuk bekerja secara remote, seperti react JS developer, front end developer, web developer, mobile app developer, dan lain-lain. Meskipun demikian, masih banyak perusahaan yang tidak mau menerapkan sistem kerja ini karena mengkhawatirkan beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan.

Kelebihan Remote Work

  1. Lebih fleksibel

Sistem remote memungkinan karyawan untuk bekerja di mana saja. Mereka dapat bekerja di rumah, cafe, co working space, atau tempat lain yang mereka inginkan. Mereka dapat memilih lokasi bekerja yang mampu membuat mereka merasa nyaman sehingga mengurangi tingkat stress yang tinggi.

  1. Memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga

Sebagian besar waktu karyawan pada umumnya akan dihabiskan untuk bekerja. Dengan sistem remote, karyawan dapat memilih bekerja dari rumah sehingga mereka memiliki waktu yang lebih banyak untuk berkumpul dan berkomunikasi dengan keluarga.

  1. Menghemat biaya, waktu, dan tenaga

Pekerja remote dapat bekerja dari rumah sehingga mereka tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi, parkir, makan siang, kopi, dan lain-lain. Semua kebutuhan dapat mereka siapkan sendiri di rumah.

Selain itu, sistem kerja remote juga dapat menghemat banyak waktu dan tenaga karena mereka tidak lagi perlu melakukan perjalanan jauh menuju kantor. Hal ini tentu juga akan berpengaruh baik pada peningkatan konsentrasi dan fokus mereka pada saat bekerja.

Baca Juga: Sulit Mengontrol Kinerja Karyawan? Gunakan Sistem Kerja Modern Berikut!

remote work

Kekurangan Remote Work

  1. Kurangnya kedekatan dengan karyawan lain

Bekerja di luar lingkungan kantor dapat membuat pekerja remote memiliki kedekatan yang kurang dengan karyawan yang lain. Meskipun saat ini terdapat berbagai aplikasi chat seperti whatsapp, slack, atau pun skype namun kedekatan yang dibangun tidak bisa sama jika dibandingkan dengan komunikasi langsung atau secara tatap muka.

  1. Adanya gangguan

Pekerja remote harus memiliki kedisiplinan dan konsentrasi yang baik, karena terdapat beberapa gangguan yang bisa saja muncul. Seperti kehadiran tamu, lokasi bekerja yang terlalu ramai, dan lain-lain. Untuk menghindarinya karyawan harus mencari lokasi yang kondusif untuk bekerja.

  1. Masalah kepercayaan

Karena lokasi kerja yang berbeda dengan pihak management, produktivitas pekerja remote menjadi sulit untuk dipantau. Hal ini terkadang dapat memunculkan masalah kepercayaan dengan karyawannya.

Baca Juga: Tips Menjaga Produktivitas Karyawan Remote atau Kerja Jarak Jauh

Layanan  Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan sistem Dokodemo-Kerja untuk menjaga produktivitas karyawan remote. Dokodemo-Kerja merupakan sebuah aplikasi yang bekerja dengan cara merekam, menghitung, serta mengelola aktivitas dan jam kerja untuk memantau kinerja karyawan.

Dengan Dokodemo-Kerja ,perusahaan tidak perlu lagi mengkhawatirkan produktivitas karyawan karena sistem mampu merekam aktivitas dan jam kerja untuk setiap proyek yang dikerjakan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami atau klik Layanan Dokodemo-Kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *