Kelebihan dan Kekurangan Membangun Web dengan Template Design

Bagi sebagian orang, membangun website menggunakan design template dapat memberikan berbagai keuntungan. Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa design template belum cukup untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Penggunaan template design sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing bisnis. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat memutuskan untuk membangun website menggunakan template design atau custom. Berikut kelebihan dan kekurangan dari template design.

Kelebihan Template Design

  1. Lebih hemat biaya

Anda bisa mendapatkan design web yang menarik dengan tampilan profesional dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan design custom. Design template ini dapat menjadi cara murah untuk menjalankan bisnis Anda secara online.

  1. Menghemat waktu pengembangan web

Anda hanya perlu menyiapkan teks, gambar, serta informasi lain yang ingin Anda tampilkan di dalam website. Jika semua konten yang dibutuhkan sudah tersedia, pengembangan website akan selesai dalam waktu yang sangat singkat. Jika Anda ingin website bisnis dapat segera dioperasikan, maka membangun web dengan design template merupakan solusi yang tepat.

  1. Transparansi tampilan website

Anda tidak perlu membayangkan seperti apa tampilan website Anda, karena design yang Anda pilih merupakan tampilan web yang akan Anda gunakan. Pada umumnya penyedia layanan memiliki beberapa pilihan design. Sebaiknya, Anda memilih tampilan design yang sesuai dengan brand dan kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Klinik Gigi Dapatkan Ketika Memiliki Website

Template Design

Kekurangan Template Design

  1. Tidak unik

Template yang Anda pilih juga bisa digunakan oleh siapapun. Hal ini dapat membuat website Anda terlihat tidak unik di mata pelanggan. Meskipun demikian, Anda masih bisa mengubah warna layout dan jenis text agar terlihat berbeda dengan pengguna yang lain.

  1. Kurang fleksibel

Karena dibangun menggunakan template, maka sulit bagi Anda untuk melakukan berbagai perubahan pada tampilan website. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, design template masih memungkinan untuk perubahan warna, jenis text, atau pun logo perusahaan, namun Anda tidak bisa mengubah tata letak design karena dapat merusak design yang sudah dibuat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membangun website menggunakan design template maka sebaiknya Anda memilih design yang sesuai dengan branding produk bisnis Anda.

  1. Sulit Dikustomisasi

Sebagian besar design website template hanya mendukung halaman statis. Oleh karena itu, jika Anda memiliki database yang ingin diintegrasikan ke dalam situs, atau fitur interaktif lainnya maka Anda membutuhkan bantuan dari pihak pengembang. Selain itu, template terkadang tidak mendukung untuk fitur yang ingin ditambahkan sehingga pembaruan tidak bisa dilakukan.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Desain Web Sangat Penting Bagi Perusahaan

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan website menggunakan design template, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Kami menyediakan beberapa template yang dapat Anda gunakan. Untuk melihat contoh design yang kami sediakan silakan klik layanan Web Template Klinik Gigi kami. Design template yang kami sediakan dapat Anda sesuaikan dengan profil bisnis Anda.

Selain pembuatan website menggunakan template, kami juga menyediakan jasa pembuatan website custom. Silakan kunjungi halaman Layanan Logique untuk mengetahui apa saja layanan yang kami tawarkan. Anda juga bisa menghubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

One thought on “Kelebihan dan Kekurangan Membangun Web dengan Template Design

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts