Bahaya Website Defacement dan Tips untuk Menghindarinya

Seiring dengan semakin banyaknya website yang digunakan untuk mengembangkan bisnis, semakin banyak pula ancaman cyber yang dapat merusak website Anda. Salah satu ancaman yang harus Anda waspadai bernama website defacement. Dengan memahami jenis serangan ini, Anda dapat menyelamatkan bisnis Anda dari berbagai kerugian yang dapat ditimbulkan.

Apa itu website defacement ?

Website defacement atau perusakan website merupakan serangan yang dilakukan oleh peretas yang mengakibatkan perubahan tidak sah baik untuk satu halaman atau seluruh halaman website. Dalam beberapa kasus, peretas dapat menghapus semua konten website dan menggantinya dengan konten yang baru.

Peretas dapat menyuntikkan kode untuk menambahkan gambar, pop up, atau teks ke halaman website Anda. Mereka juga bisa menyisipkan kode berbahaya untuk menginfeksi komputer pengunjung website. Jika hal ini terjadi bisnis Anda bisa mendapatkan reputasi yang buruk karena Anda tidak bisa menjaga keamanan pelanggan.

Penjualan juga bisa menurun secara drastis karena website defacement ini. Peretas dapat membobol kode dan meninggalkan pesan yang bertentangan dengan layanan Anda. Mereka dapat membuat pesan bahwa layanan Anda telah ditutup, atau membuat pesan yang dapat menyinggung perasaan pelanggan Anda.

Baca Juga: Penjelasan Mengenai SQL Injection dan Cara untuk Menghindarinya

website defacement

Bagaimana cara menghindari website defacement ?

Melihat kerugian yang dapat ditimbulkan, maka penting bagi Anda untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

  1. Selalu perbarui software yang Anda gunakan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan selalu memperbarui sistem operasi, aplikasi, anti-malware, serta program keamanan situs web yang Anda gunakan. Jika situs web Anda di-host oleh pihak ketiga, pastikan penyedia host Anda memiliki reputasi yang baik serta menggunakan software versi terbaru.

  1. Backup data secara rutin

Untuk meminimalisir dampak yang dapat ditimbulkan oleh website defacement, Anda dapat melakukan back up data secara teratur tergantung seberapa sering data website Anda diperbarui. Dengan memiliki cadangan data, maka pemulihan website yang telah dirusak dapat dilakukan dengan lebih cepat.

  1. Penetration testing

Sering kali pemilik web tidak menyadari adanya celah keamanan di dalam website mereka. Hal ini menyebabkan website menjadi lebih rentan terkena serangan cyber.

Dalam beberapa kasus, peretas juga bisa merubah tampilan website menggunakan metode injeksi SQL. Metode ini sering terjadi karena adanya celah keamanan yang ditemukan peretas di dalam penulisan kode yang menggunakan karakter seperti tanda petik satu atau karakter double minus. Karakter tersebut dapat menyebabkan suatu aplikasi dapat disisipi peretas dengan perintah SQL. Untuk mengatasinya, pemilik web harus menemukan kode yang rusak dan menggantinya dengan kode baru. Proses ini memakan waktu yang lama serta cukup sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, Anda dapat meminta bantuan kepada ahli cyber security untuk mengatasi masalah tersebut. Mereka dapat melakukan penetration testing ( pentest ) untuk memastikan keamanan website Anda. Mereka akan membantu mencari celah keamanan yang dapat menimbulkan kerugian melalui sejumlah pengujian.  Sebelum website Anda menjadi korban, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan ahli cyber security untuk mendapat perlindungan yang tepat.

Baca Juga: Pentingnya Penetration Testing bagi Sebuah Perusahaan

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan layanan penetration testing untuk menjaga keamanan website agar terhindar dari serangan hacker. Perlu Anda ketahui, sebagian besar serangan cyber terjadi karena adanya masalah dengan keamanan website. Oleh karena itu, layanan pentest kami akan membantu menemukan celah keamanan website sehingga Anda dapat memperbaiki celah tersebut.

Dengan tim profesional yang kami miliki, Logique akan membantu meningkatkan keamanan website Anda. Silakan kunjungi Layanan Penetration Logique untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Anda juga dapat menghubungi kami untuk mendapatkan detail informasi yang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts