Pengertian dan Contoh Tools dari Customer Relationship Management

Customer Relationship Management ( CRM ) atau dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah Sistem Manajemen Pelanggan, merupakan salah satu tools yang berguna untuk meningkatkan penjualan serta kepuasan konsumen. CRM ini tidak hanya bekerja sebagai sebuah aplikasi teknologi namun juga strategi yang harus dipelajari lebih lanjut untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Semakin baik suatu perusahaan dalam mengelola hubungan baik dengan pelanggan, maka semakin besar peluang perusahaan tersebut untuk mendapatkan kesuksesan.

Apa itu CRM ( Customer Relationship Management ) ?

CRM merupakan suatu sistem yang berguna untuk meningkatkan layanan pelanggan serta mendorong pertumbuhan penjualan. Sistem ini akan membantu mengelola serta menganalisis interaksi dan data pelanggan.

Customer Relationship Management mengumpulkan data-data pelanggan melalui berbagai saluran seperti website perusahaan, telpon, chat, email, media sosial, dan lain-lain. CRM juga akan memberikan data terperinci kepada perusahaan mengenai informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, pertimbangan pelanggan ketika melakukan pembelian, dan masih banyak lagi. Data-data tersebut dapat dianalisis oleh perusahaan dan digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dengan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, perusahaan dapat lebih mudah dalam meningkatkan profit serta kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Perkembangan Usaha Anda

3 Tools Customer Relationship Managemet yang dapat Anda gunakan

1. HubSpot CRM

Aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang tepat jika perusahaan Anda ingin mencoba menggunakan sistem Customer Relationship Management untuk pertama kali. Selain sifatnya yang gratis, aplikasi ini juga mudah digunakan tanpa harus mengubah alur kerja perusahaan Anda. HubSpot memiliki semua fitur dasar yang diperlukan tanpa kompleksitas yang membingungkan pengguna.

Sistem ini akan membantu perusahaan untuk membuat detail kontak secara lengkap, karena aplikasi mampu mengorganisir data yang didapat dari komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Hubspot juga dapat Anda integrasikan ke semua media di mana proses penjualan modern berlangsung, seperti website, email, media sosial dan masih banyak lagi.

 

Customer Relationship Management

2. Salesforce

Salesforce merupakan salah satu sistem Customer Relationship Management terpopuler yang banyak digunakan. Sistem ini dikembangkan oleh perusahaan pengembang software berbasis cloud di AS yang memungkinkan Anda untuk melacak detail pelanggan. Salesforce dapat melakukan berbagai hal, seperti manajemen kontak, melacak prospek pelanggan, memperkirakan hasil penjualan di suatu tempat, otomatisasi pemasaran dan lain-lain. Sistem ini menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan penjualan atau konversi yang diharapkan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan CMS Website

3. Zoho

Zoho merupakan Customer Relationship Management berbasis website. Sistem ini menawarkan beragam fungsi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan serta menarik lebih banyak pelanggan. Zoho akan menampilkan history pembelian pelanggan yang dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan cross selling atau up selling. Selain itu, Zoho CRM juga memiliki fitur lain seperti manajemen kontak, kontrol pembelian, otomasi penjualan, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Zoho, Anda dapat mengubah pengunjung website menjadi pelanggan potensial untuk perusahaan.

Layanan Logqiue Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia melayani jasa pembuatan sistem Customer Relationship Management atau sistem manajemen pelanggan. Dalam proses pengembangannya, kami akan selalu memperhatikan kualitas serta standar keamanan komprehensif seperti yang telah kami lakukan untuk sistem manajemen keanggotaan bank. Selain pembuatan sistem CRM berskala besar, Logique juga menghadirkan berbagai layanan lain seperti jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, optimasi SEO, digital marketing dan lain-lain. Silakan klik Layanan Logique atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan yang kami berikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts