Strategi Keamanan Siber Ketika Memesan Fasilitas Liburan Secara Online

Menjelang libur panjang seperti sekarang ini, berbagai fasilitas liburan sudah dapat dipesan secara online. Hanya dengan akses internet, pengguna sudah dapat memesan berbagai layanan mulai dari tiket pesawat, booking hotel, atau memesan paket liburan. Meskipun internet memberikan Anda banyak kemudahan, namun Anda harus tetap memperhatikan keamanan siber ketika memesan layanan secara online.

Internet merupakan tempat yang rawan terjadi serangan siber. Peretas akan memanfaatkan celah keamanan sistem serta kurangnya kesadaran pengguna tentang keamanan siber. Peretas juga sering kali memanfaatkan moment liburan karena sebagian besar pengguna hanya akan fokus untuk merencanakan liburan mereka tanpa memikirkan resiko keamanan siber ketika melakukan transaksi secara online. Untuk menhindarinya berikut beberapa tips yang dapat Anda perhatikan ketika memesan fasilitas secara online.

Tips keamanan siber untuk pengguna

1. Mewaspadai email phishing

Ketika Anda memesan layanan secara online, biasanya Anda akan mendapatkan email berupa notifikasi atau perintah untuk memverifikasi data. Peretas memanfaatkan moment ini untuk melakukan serangan email phising.

Email phishing merupakan salah satu metode sering digunakan hacker untuk menyerang korban.  Hacker akan menyamar sebagai penyedia layanan online dan mengirimkan email palsu yang berisi link berbahaya. Jika pengguna tidak berhati-hati dan membuka link tersebut, hacker dapat memperoleh data sensitif pengguna seperti user ID, password, data perbankan dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati ketika menerima email berisi link yang mencurigakan. Cermati alamat email, link, dan url yang ada di address bar. Pelaku seringkali menggunakan alamat palsu yang mirip dengan aslinya. Karena itu diharapkan Anda memeriksa alamat resminya terlebih dahulu.

2. Gunakan password yang kuat

Penggunaan password ditujukan untuk mengamankan akun pengguna. Untuk membuat password Anda menjadi lebih kuat Anda dapat memperpanjang karakter password, menggunakan kombinasi simbol dan angka, dan hindari penggunaan password yang sama untuk semua akun.

3. Gunakan fitur otentikasi dua faktor

Jika aplikasi atau penyedia fasilitas telah menyediakan fitur untuk melakukan otentikasi dua faktor, maka sebaiknya Anda tidak melewati tahap tersebut. Otentifikasi dua faktor akan memberikan Anda tingkat keamanan yang lebih baik ketika melakukan transaksi. Anda akan menerima pemberitahuan melalui SMS, panggilan atau pun email berisi kode unik yang harus Anda input ke dalam aplikasi untuk menyelesaikan transaksi. Hal ini dapat  menghindari terjadinya transaksi dari pihak yang tidak berwenang.

Baca Juga: Hindari Penggunaan Password Terburuk Ini Demi Keamanan Sistem Anda

keamanan siber

Tips keamanan siber untuk penyedia layanan

1. Mengamankan situs menggunakan HTTPS

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan protokol komunikasi internet untuk melindungi koneksi pengguna di dalam situs web Anda. Data yang dikirim melalui HTTPS akan dilindungi melalui protokol Transport Layer Security sehingga peretas tidak bisa mencuri data atau informasi pelanggan Anda.

2. Menyediakan metode pembayaran yang aman

Agar pelanggan Anda dapat merasa aman selama melakukan transaksi online, Anda dapat menyediakan payment gateway dengan sistem keamanan yang baik. Anda juga dapat meminta bantuan penyedia layanan penetration testing untuk memastikan apakah website Anda sudah cukup aman dari ancaman serangan peretas.

3. Sediakan fitur untuk otentikasi dua faktor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya otentikasi dua faktor dapat menghindari terjadinya transaksi dari pihak yang tidak berwenang. Sebagai penyedia layanan, Anda harus menyediakan fitur ini demi keamanan transaksi pelanggan. Fitur ini akan mengirimkan kode unik yang harus Anda input ke dalam sistem untuk menyelesaikan transaksi online. Otentikasi dua faktor juga dapat melindungi pengguna asli jika akun yang mereka miliki digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: 3 Tips yang dapat Anda lakukan untuk Cyber Security yang Lebih Baik

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa penetration testing sebagai solusi untuk meningkatkan cyber security yang lebih baik.  Kami akan melakukan sejumlah pengujian untuk mencari celah keamanan yang dapat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tim profesional kami akan membantu memberikan berbagai solusi terbaik untuk meningkatkan sistem keamanan Anda. Silakan hubungi kami atau klik Jasa Penetration Testing Logique untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts