kerja jarak jauh

Tips Menjaga Produktivitas Karyawan Remote atau Kerja Jarak Jauh

Mei 27th, 2019 |

Beberapa perusahaan saat ini telah menerapkan sistem kerja jarak jauh untuk karyawannya. Sistem ini dapat memberikan fleksibiltas pada karyawannya. Mereka memiliki kebebasan untuk bekerja di mana saja selama mereka memiliki koneksi internet dan laptop.  Hal ini dapat membantu karyawan untuk bisa bekerja dengan tingkat stress yang jauh lebih rendah.

Dengan semakin banyaknya karyawan yang memilih untuk bekerja secara remote, mengawasi kinerja karyawan menjadi tantangan baru bagi perusahaan. Jika perusahaan tidak bisa mengawasi dengan baik maka sistem kerja jarak jauh justru akan membawa kerugian bagi perusahaan, salah satunya adalah penurunan produktivitas karyawan.

Agar perusahaan tetap memiliki kendali untuk sistem kerja jarak jauh, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan.

Menjaga komunikasi yang baik

Salah satu masalah yang sering terjadi dengan pekerja remote adalah terjadinya miskomunikasi. Untuk menghindarinya, perusahaan harus menjaga komunikasi tetap berjalan lancar. Tugas yang diberikan  juga harus dijelaskan secara terperinci. Sejalan kemajuan teknologi, pekerja remote juga dapat  berkomunikasi dengan karyawan yang lain menggunakan Slack atau Skype

Perlu diingat bahwa pekerja remote tidak bisa mengetahui kondisi kantor secara langsung, mereka juga tidak mengetahui aktivitas karyawan lain. Oleh karena itu pihak HR dan karyawan yang lain harus bekerja sama mengupdate status dan informasi jika ada hal urgent yang harus mereka lakukan. Dengan demikian, pekerja remote tidak akan bertanya-tanya ketika pesan atau chat mereka tidak mendapat respon.

Baca Juga: Keuntungan Kerja Remote Bagi Perusahaan yang Tak Banyak Diketahui

kerja jarak jauh

Persiapkan tools yang dapat diandalkan

Tidak jarang pekerja remote harus bekerja sama dengan karyawan lain untuk menyelesaikan sebuah tugas. Melihat hal ini, perusahaan harus menyediakan tools yang dapat membantu pekerjaan  karyawannya meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda. Beberapa tools tersebut seperti :

  • Chat app: Slack, HipChat, Fleep
  • Project management: Asana, Trello, Basecamp, JIRA
  • Shared docs: Dropbox, Google Drive

Melakukan monitoring dan time tracking

Agar karyawan tetap bertanggung jawab meskipun bekerja dengan sistem kerja jarak jauh, maka perusahaan harus memberlakukan sistem monitoring.  Time tracking and monitoring ini perlu dilakukan demi menjaga produktivitas karyawan. Monitoring akan membantu manajer untuk mendapatkan info secara lengkap mengenai kinerja setiap karyawan, serta melihat seberapa efisien alur kerja yang mereka lakukan. Monitoring juga dapat memotivasi karyawan untuk tetap bekerja secara teratur. Salah satu tools monitoring karyawan yang dapat Anda andalkan adalah Dokodemo-Kerja.

Baca Juga: Sulit Mengontrol Kinerja Karyawan? Gunakan Sistem Kerja Modern Berikut!

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan solusi untuk perusahaan yang menerapkan sistem kerja jarak jauh yang bernama Dokodemo-Kerja. Dokodemo-Kerja merupakan sebuah aplikasi yang dapat merekam, menghitung, serta mengelola aktivitas dan jam kerja karyawan Anda. Dengan sistem ini, monitoring dan time tracking dapat dilakukan dengan mudah, sehingga produktivitas karyawan akan tetap terjaga. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dokodemo-Kerja, silahkan hubungi kami atau klik Layanan Dokodemo-Kerja Logique.

Logique Digital Indonesia merupakan Konsultan IT di Indonesia yang menerapkan sistem kerja remote untuk karyawannya. Saat ini, kami sedang membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi seperti web developer, Quality Assurance, Mobile App Developer, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama Logique silakan klik Info Lowongan Kerja Logique dan lamar posisi yang sesuai dengan keahlian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *