3 Teknik SEO untuk Meningkatkan Performa Website Multi Language

teknik seo

Jika Anda mengelola website multi languange, maka dibutuhkan strategi dan teknik SEO tersendiri agar website dapat memenangkan pasar global. Website multi language memang menjadi salah media pemasaran yang secara efektif dapat menjangkau pelanggan dari berbagai belahan dunia. Dengan menyediakan beberapa bahasa dalam satu website, konten pemasaran Anda dapat dipahami oleh lebih banyak pelanggan potensial. Untuk memastikan situs web Anda dapat ditemukan dan digunakan dengan baik di negara lain, Anda dapat menggunakan teknik SEO Multilingual.

Teknik SEO Multilingual

SEO multilingual berbeda dengan SEO multiregional. SEO multilingual adalah teknik SEO untuk mengoptimalkan website dengan beberapa bahasa, sedang SEO multiregional adalah teknik SEO untuk mengoptimalkan website dengan target pengguna di beberapa negara atau wilayah yang berbeda.

1. Gunakan URL khusus

Google merekomendasikan agar website multi language menggunakan URL khusus yang menyertakan indikator bahasa. Indikator ini memungkinkan pengguna dan mesin pencari untuk mengindentifikasi bahasa melalui alamat URL yang digunakan. Sebagai contoh, website dengan alamat www.contoh.com tersedia dengan Bahasa Indonesia, kemudian untuk versi Bahasa Inggris URL yang digunakan adalah www.contoh.com/en/

Mesin pencari sebenarnya cukup fleksibel dengan bagaimana cara Anda menyusun URL website multi language, namun Google memberi beberapa contoh struktur URL terbaik yang dapat Anda gunakan. Berikut contoh susunan URL yang diberikan Google untuk halaman berbahasa Jerman:

  •  example.de
  • de.example.com
  • example.com/de/

Baca Juga: Cara Membangun Brand Awareness Melalui Digital Marketing

teknik SEO

2. Gunakan Tag Hreflang

Selain menggunakan URL khusus, Google menyarankan agar website multi language juga memanfaatkan tag hreflang. Tag hreflang merupakan tag HTML yang membantu mesin pencari seperti Google untuk memahami berbagai bahasa di dalam situs web Anda. Hreflang akan mengarahkan pengguna untuk mengakses halaman yang paling sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh pengguna.

3. Konsisten dengan satu bahasa untuk setiap halaman

Google menentukan bahasa apa yang Anda gunakan melalui konten yang tersedia di setiap halaman website. Agar Google tidak salah mengidentifikasi, maka sebaiknya Anda hanya menggunakan satu bahasa baik untuk konten utama atau navigasi pada setiap halaman. Selain menyulitkan Google, menerjemahkan sebagian konten di halaman website juga dapat memberi pengalaman yang buruk untuk pengunjung website Anda.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Perkembangan Usaha Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia  menawarkan jasa pembuatan website multi bahasa untuk menjangkau target pasar yang lebih luas seperti Bahasa Inggris dan Jepang. Kami juga akan membantu meningkatkan performa website multi bahasa Anda dengan berbagai teknik SEO yang kami kuasai. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan digital marketing kami, silakan klik LOGIQUE Digital Marketing. Anda juga dapat menghubungi kami untuk mendapatkan informasi secara lebih detail.

2 thoughts on “3 Teknik SEO untuk Meningkatkan Performa Website Multi Language

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts