3 Metode Paling Umum untuk Memberi Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian kinerja

Penilaian kinerja karyawan perlu dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pada karyawan yang bersangkutan. Melalui penilaian kinerja , perusahaan atau team HR akan lebih mudah untuk mengetahui kemampuan, keterampilan, perilaku, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki karyawan. Hasil penilaian nantinya dapat digunakan oleh team HR untuk menentukan bonus, kenaikan gaji, atau mungkin peningkatan jabatan.

Evaluasi serta penilaian kinerja karyawan juga harus transparan, agar karyawan mengetahui bahwa penilaian yang dilakukan tidak hanya berdasar pada rasa suka atau tidak suka pada karyawan yang bersangkutan. Karyawan sendiri juga merasa bahwa evaluasi yang dilakukan secara rutin dampak positif untuk motivasi kerja mereka.

Pentingnya Penilaian kinerja karyawan

Ulasan positif dapat membuat karyawan merasa percaya diri, sedang kritikan dapat membantu membangun kemampuan karyawan. Tanpa evaluasi kerja, karyawan dapat merasa demotivasi karena kinerja yang mereka lakukan tidak mendapat penilaian dari atasan.

Berdasarkan data survey tahun 2019 yang diperoleh dari Office Vibe , sebanyak 63% karyawan merasa bahwa mereka kurang mendapat pujian, 32% karyawan harus menunggu lebih dari 3 bulan untuk mendapat feedback dari manager, dan 56% percaya bahwa mereka tidak memiliki peluang untuk meningkatkan karir. Melihat dari data di atas, penilaian kinerja yang dilakukan secara rutin sangat perlu untuk dilakukan.

Baca Juga: Sulit Mengontrol Kinerja Karyawan? Gunakan Sistem Kerja Modern Berikut!

Penilaian kinerja

3 Metode Penilaian Kinerja Paling Umum

Metode Rating Scale

Metode ini termasuk metode yang paling sederhana. Perusahaan akan menggunakan skala untuk menilai kinerja karyawannya. Penilaian yang diberikan mulai dari nilai “memuaskan” sampai “tidak memuaskan” . Skala penilaian tersebut kemudian akan diubah ke dalam bentuk angka seperti 5 (Sangat Baik), 4 (Baik), 3 (Cukup), 2 (Buruk) dan 1 (Sangat Buruk).

Metode Checklist

Pada metode ini, tim HR atau penilai akan membuat beberapa pernyataan terkait standar kinerja perusahaan. Tim HR atau penilai akan memberikan tanda checklist untuk pernyataan yang sesuai dengan perilaku karyawan. Biasanya masing-masing pernyataan memiliki bobot nilai yang berbeda-beda.

Metode Critical Incidents

Metode ini memusatkan perhatian manager pada perilaku positif atau negatif karyawannya. Manager harus terus menerus mencatat dan mengingat perilaku karyawannya untuk memberikan penilain.

Baca Juga: Kesulitan dalam Melakukan Rekrutmen Pegawai? Yuk, Simak 7 Tips Berikut!

Penilaian kinerja

Sistem laporan harian mempermudah penilaian kinerja

Beberapa manager perusahaan saat ini masih mengandalkan ingatan mereka untuk memberikan penilaian. Ditambah dengan banyaknya jumlah karyawan maka manager akan semakin kesulitan untuk mengingat nilai indikator kinerja karyawannya.  Oleh karena itu, untuk mempermudah proses penilaian menjadi lebih efektif dan efisien, perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu.

Salah satu sistem yang dapat Anda gunakan bernama Nippo System. Nippo merupakan aplikasi berbasis website yang dapat membantu para manajer untuk menilai kinerja karyawannya. Karyawan akan menggunakan sistem ini untuk membuat laporan harian yang berisi deskripsi tugas yang dikerjakan sekaligus jumlah waktu yang diperlukan untuk mengerjakannya. Selain itu, karyawan juga dapat memberikan penilaian sendiri akan kinerja yang telah dilakukan untuk tugas yang mereka kerjakan.

Dengan menggunakan Nippo, manager memiliki data sebagai tolak ukur untuk menilai kinerja karyawannya. Manager juga dapat secara langsung memberi komentar atau feedback pada laporan harian karyawannya. Dengan demikian pemberian feedback berupa pujian atau kritikan dapat dengan mudah dilakukan. Selain itu, sistem ini juga bisa menjadi media bagi manager dan karyawan untuk lebih sering berkomunikasi karena komunikasi yang kurang dapat menyebabkan permasalahan yang lain.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT profesional dengan berbagai layanan. Nippo system merupakan salah satu layanan yang kami tawarkan. Dengan sistem ini, proses penilaian karyawan Anda akan menjadi lebih mudah, efektif, dan jauh lebih efisien. Untuk mengetahui layanan kami yang lain, silakan klik Layanan Logique. Anda juga bisa menghubungi kami secara langsung untuk mendapatkan detail informasi mengenai layanan yang kami tawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts