Mengapa Quality Assurance Berperan Penting Saat Proses Development ?

Quality Assurance atau QA testing memiliki peran penting dalam proses development. QA akan memastikan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik serta terbebas dari error atau pun bug. Mereka akan menguji, mengidentifikasi, serta memberikan solusi akan kekurangan yang ditemukan sebelum produk dirilis untuk publik. Hal ini akan membantu perusahaan pengembang terhindar dari image yang buruk karena aplikasi yang dibuat tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Peran Penting Quality Assurance

Secara garis besar Quality Assurance memiliki beberapa tugas utama, yaitu :

  1. Menguji produk yang dikembangkan dan mengindentifikasi kekurangannya.
  2. Menyarankan solusi untuk kekurangan yang ditemukan di dalam produk.
  3. Memastikan fungsi-fungsi yang dirancang dapat berjalan dengan baik serta sesuai dengan harapan client.
  4. Berkolaborasi dengan tim developer untuk memastikan proyek dapat berjalan dengan baik.
  5. Membuat laporan akan hasil QA testing.

Baca Juga: Empat Cara Efektif Mencari Info Lowongan Web Developer

QUALITY ASSURANCE

Dari beberapa tugas yang disebutkan, QA memang memiliki pengaruh yang besar. Berikut beberapa alasan mengapa Quality Assurance mempunyai peran yang penting.

Produk terjamin kualitasnya

Produk dengan kualitas yang baik dapat memberikan banyak keuntungan bagi pengguna atau pengelolanya. Dengan fitur yang berfungsi optimal, client dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan, meningkatkan kredibilitas perusahaan, dan lain-lain. Selain itu, produk yang berkualitas pada umumnya akan diminati oleh banyak pengguna sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Menghemat biaya dan waktu

Bug atau error yang ditemukan setelah produk rilis membutuhkan waktu dan biaya yang lebih besar untuk diperbaiki. Selain harus membayar biaya pengembangan produk, client juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk proses perbaikan. Berbeda dengan aplikasi yang telah melalui tahap pengujian sehingga client tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Saat Mencari Lowongan Front End Developer

Membantu perusahaan untuk memenuhi harapan client

QA akan membantu memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan tuntutan dan harapan client. Ketika Quality Assurance dilakukan dengan benar, client akan merasa percaya diri untuk memasarkan produk tersebut. Hal ini dapat membangun loyalitas dan kepercayaan client terhadap perusahaan pengembang.

Layanan  Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan Konsultan IT terpercaya di Indonesia. Logique memiliki berbagai macam layanan sebagai solusi bisnis Anda di bidang teknologi. Kami memiliki tim profesional yang akan memastikan bahwa layanan yang kami berikan selalu dalam kualitas yang baik. Silakan klik Layanan Logique atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Saat ini Logique Digital Indonesia sedang membuka Lowongan Quality Assurance untuk ditempatkan di Jakarta dan Yogyakarta. Untuk mengetahui kualifikasi yang kami butuhkan, Anda dapat mengunjungi Halaman Karir Logique. Jika Anda sesuai dengan kriteria yang kami butuhkan silahkan apply lowongan yang telah kami sediakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts