Lemahnya Keamanan Data Menjadi Penyebab Pelanggaran Data

Jika perusahaan Anda tidak ingin mengalami pelanggaran data, maka sistem keamanan data harus Anda prioritaskan. Perusahaan sering kali menjadi target pencurian data karena banyaknya data penting yang disimpan. Data tersebut dapat berupa data pribadi pelanggan sampai data rahasia perusahaan.

Apa itu Pelanggaran Data?

Pelanggaran data atau data breach merupakan kejadian dimana data sensitif atau rahasia dapat disalin, dipindah, dilihat, dicuri, diubah dan digunakan oleh pengguna tidak sah yang tidak memiliki akses pada data tersebut. Keamanan data yang kurang diperhatikan dapat menyebabkan tersebarnya data-data penting mulai dokumen rahasia perusahaan, nomor kartu kredit pelanggan, foto pribadi, dan lain-lain.

Pelanggaran data (data breach ) berbeda dengan kebocoran data ( data leak ). Jika data breach dapat terjadi karena sistem yang sengaja dibobol oleh peretas, maka data leak sering kali terjadi karena kelalaian dari pihak internal perusahaan itu sendiri. Salah satu yang sering terjadi adalah ketidakwaspadaan pemilik perusahaan bahwa sistem yang mereka gunakan memiliki bug bernama IDOR.

Baca Juga: 3 Dampak Serangan Clickjacking karena Lemahnya Sistem Keamanan Website

keamanan data

IDOR menjadi salah satu penyebab risiko keamanan data

Insecure Direct Object Reference atau IDOR merupakan sebuah kerentanan di dalam sistem yang dapat memberikan berbagai dampak negatif salah satunya adalah pelanggaran data. IDOR merupakan kerentanan yang terjadi ketika sistem menyediakan akses langsung ke objek berdasarkan input yang diberikan oleh user. Pada umumnya IDOR dapat ditemukan pada website dengan sistem keamanan yang lemah. Jika website Anda memiliki bug ini, maka user lain dapat melihat,  mengakses, bahkan mengubah database dalam sistem tanpa harus melewati proses otorisasi.

Contoh sederhana dari kerentanan IDOR adalah sebagai berikut. Anda memiliki user id 1111 untuk sebuah website dengan alamat tokoABC.com. Ketika Anda ingin mengakses data Anda di dalam website, maka format URL yang akan ditampilkan adalah tokoABC.com/userid/data. Sehingga data Anda akan tampil dengan URL tokoABC.com/1111 /data. Ketika Anda mengubah parameter user id menjadi 55555, kemudian mengakses URL tokoABC.com/55555/data, maka Anda bisa melihat data pribadi pemilik user id tersebut tanpa harus melewati proses otorisasi terlebih dahulu. Celah keamanan inilah yang dinamakan kerentanan IDOR.

Jika keamanan data tidak Anda lindungi, maka perusahaan akan mengalami pelanggaran data sehingga menimbulkan banyak kerugian bagi perusahaan dan pelanggan. Data rahasia yang tersimpan tidak hanya bisa dilihat namun juga bisa diubah oleh user yang lain. Selain itu, perusahaan juga akan kehilangan kepercayaan serta mendapat citra yang buruk karena tidak bisa memberikan perlindungan kepada pelanggan.

Baca Juga: 4 Jenis Cyber Crime yang Dapat Mengancam Bisnis Anda

Bagaimana cara mengatasinya ?

Untuk mengatasi pelanggaran data yang disebabkan oleh IDOR, maka Anda harus meningkatkan keamanan data. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan penetration testing. Penetration testing atau pentest merupakan serangkaian proses yang dilakukan oleh ahli ethical hacking untuk menguji sistem atau jaringan. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan apakah sistem Anda memiliki celah keamanan. Dengan melakukan pentest maka bug IDOR dapat Anda temukan sehingga perusahaan dapat bertindak cepat dan terhindar dari pelanggaran data.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan layanan penetration testing untuk meningkatkan sistem keamanan data Anda. Layanan pentest Logique membantu memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki tingkat keamanan yang baik  sehingga dapat terhindar dari pelanggaran data atau cyber attack yang lain. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami atau klik Layanan Pentest Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts