Ingin proses rekrutmen karyawan berjalan efektif ? coba 4 tips berikut ini!

Proses rekrutmen yang efektif dapat menjadi refleksi dari profesionalitas perusahaan Anda. Sebuah perusahaan harus memikirkan cara yang tepat agar proses rekrutmen dapat berjalan dalam waktu yang singkat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Di sisi lain, proses rekrutmen juga tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa karena kualitas dan keahlian kandidat juga harus Anda perhatikan.

Proses rekrutmen yang buruk dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kurangnya staff HR atau karena tahap seleksi yang terlalu rumit dan tidak jelas. Jika hal ini dibiarkan, maka perusahaan bisa mendapat image yang buruk dari calon kandidat. Agar proses dapat berjalan dengan efektif dan efisien, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Tips Menjalankan Proses Rekrutmen

1. Share info di platform yang tepat

Setelah membuat deskripsi lowongan kerja dengan benar, Anda dapat memposting info tersebut pada platform yang tepat. Saat ini sudah terdapat banyak platform yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memanfaatkan media sosial, situs pencarian kerja, atau bahkan website Anda sendiri. Pastikan info yang telah Anda buat dapat diterima oleh target yang tepat.

proses rekrutmen

2. Screening CV untuk menemukan kandidat yang tepat

Screening CV merupakan salah satu proses seleksi yang membutuhkan ketelitian serta memakan waktu yang cukup lama. Staff HR harus memastikan bahwa kandidat memiliki pengalaman dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.  Setelah Anda menemukan CV yang sesuai Anda bisa membuat jadwal interview untuk mewawancarai calon kandidat.

Baca Juga: 5 Kriteria Perusahaan yang Menawarkan Jasa Pembuatan Website Terbaik

3. Proses interview yang fleksibel

Dengan kemajuan teknologi, interview dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak sedikit perusahaan yang mewawancarai kandidat melalui telpon atau skype. Dengan demikian kandidat tetap bisa mengikuti proses interview yang telah dijadwalkan.

4. Memanfaatkan teknologi

Proses seleksi dapat menjadi lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang sudah semakin berkembang. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam software atau pun sistem untuk mempermudah proses pencarian kandidat yang tepat. Sistem rekrutmen ini akan membantu staff HR untuk melakukan banyak hal seperti seleksi CV, membuat jadwal interview, sampai membuat offering letter kepada kandidat. Salah satu sistem yang dapat Anda gunakan bernama Sugoi Saiyo.

Baca Juga: Sulit Mengontrol Kinerja Karyawan? Gunakan Sistem Kerja Modern Berikut!

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan sistem bernama Sugoi Saiyo untuk mempermudah proses rekrutmen perusahaan Anda. Sugoi Saiyo memiliki beragam fitur yang dapat membuat proses seleksi berjalan secara efektif dan efisien. Sistem ini dapat mengurangi tingkat stres staff dari divisi HR serta mampu memberikan kenyamanan bagi para pelamar.

Kelebihan fitur Sugoi Saiyo :

  • Kandidat dapat mengikuti tes secara online tanpa harus datang ke kantor perusahaan yang dituju.
  • Kandidat dapat mengetahui status selesi secara langsung
  • Proses lamaran kerja yang mudah hanya dengan registrasi dan mengisi formulir secara online
  • Menghemat biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan karena proses seleksi yang singkat dan sederhana

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait layanan ini, silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap.

Saat ini Logique Digital Indonesia sedang membuka Lowongan IT Account Executive. Jika Anda memiliki kriteria sesuai dengan apa yang kami butuhkan, Anda dapat menggunakan Sugoi Saiyo untuk melamar posisi tersebut. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik Karir Logique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts