Tugas dan Skill yang Dibutuhkan Oleh Presales IT Consultant

it consultant

IT consultant atau juga dikenal sebagai technology consultants dibutuhkan oleh banyak bisnis untuk memberikan solusi atau saran terbaik di bidang IT. Di dalamnya terdapat divisi presales yang bertugas sebagai jembatan antara client dengan tim teknis agar proyek yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu serta sesuai dengan harapan client.

Sama seperti sales pada umumnya, profesi ini juga berhubungan dengan penjualan, namun profesi presales menjual sebuah solusi. Karena bergerak di bidang IT Consultant, divisi presales juga harus menguasai fitur serta teknologi yang digunakan di perusahaannya. Tidak jarang, divisi ini mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk dengan teknologi terbaru.

Tugas Presales IT Consultant

Secara garis besar, presales IT consultant mempunyai beberapa tugas utama sebagai berikut.

  1. Melakukan pertemuan dengan client atau pelanggan potensial .
  2. Melakukan pendekatan kepada client, perencanaan promosi, dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan solusi yang akan ditawarkan.
  3. Memberikan solusi sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan client atau jangka waktu yang telah disepakati.
  4. Menyampaikan presentasi.
  5. Merespon proposal RFP ( Request for Proposal )
  6. Memfollow up dan memantau proses penawaran.
  7. Menjaga hubungan baik dengan client serta memonitor pembayaran dari client.

it consultant

Profesi ini cukup menarik terutama jika Anda memiliki passion di bidang IT. Anda akan dituntut untuk selalu belajar karena Anda akan berhubungan dengan sistem, teknologi, atau fitur-fitur terbaru. Jika Anda tertarik untuk presales consultant, terdapat beberapa skill yang harus Anda kuasai, yaitu :

1. Komunikasi

Karena Anda harus berhubungan dengan client dan juga tim developer, maka Anda harus mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Anda akan bertemu dengan banyak client dengan background yang berbeda. Dengan kemampuan berkomunikasi, Anda bisa menyampaikan pesan secara tepat sehingga solusi yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh client.

Baca Juga: Peran Konsultan IT Ketika Membuat Sebuah Website

2. Memecahkan masalah

Anda harus mendengarkan masalah yang client ceritakan, dan menganalisis point utama yang harus segera ditangani. Seorang presales profesional akan memastikan bahwa solusi yang mereka berikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh clientnya.

3. Berkoordinasi atau bekerja secara tim

Dalam menjalankan tugas, Anda tidak akan bekerja sendirian. Anda harus bisa bekerja sama dalam tim, serta berkoordinasi dengan banyak pihak agar permintaan client dapat selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

4. Basic technical knowledge

Presales juga harus memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang teknologi seperti pembuatan website, web sistem, atau aplikasi mobile.  Karena salah satu tugasnya adalah melakukan analisa terhadap teknologi atau sistem untuk kebutuhan konsultasi atau penawaran, maka setidaknya seorang presales harus memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Perusahaan Butuh Konsultan Bisnis Digital Marketing

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan salah satu IT Consultant terpercaya di Indonesia. Kami memiliki tim profesional yang akan membantu memecahkan masalah dengan solusi terbaik di bidang teknologi. Silahkan klik layanan kami atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Logique Digital Indonesia saat ini sedang membuka Lowongan Presales Consultant. Jika Anda memiliki skill yang sesuai, serta tertarik untuk bergabung dan berkembang bersama kami, silakan klik Logique Karir dan lamar posisi yang Anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts