3 Dampak Serangan Clickjacking karena Lemahnya Sistem Keamanan Website

Sistem keamanan website yang lemah dapat membuat Anda menjadi target sasaran yang mudah bagi para pelaku cyber criminal. Mereka mengetahui berbagai macam cara untuk masuk ke dalam sistem keamanan website dan melakukan berbagai macam tindakan yang dapat merugikan bisnis online Anda. Serangan cyber crime ini tidak hanya akan merugikan Anda, namun juga pelanggan bisnis Anda.

Salah satu teknik yang sering dilakukan oleh para hacker ketika mengetahui adanya sistem keamanan yang lemah adalah melakukan serangan clickjacking. Jenis serangan ini tidak akan mempengaruhi situs web Anda secara langsung, namun sangat berpotensi membahayakan user atau pelanggan Anda.

Apa itu Clickjacking ?

Clickjacking atau juga dikenal dengan istilah UI redress attack adalah teknik yang dilakukan hacker untuk mengelabui user. Mereka menggunakan beberapa lapisan transparan atau buram pada halaman website,  agar user mengklik tombol atau tautan pada halaman lain ketika mereka bermaksud mengklik pada halaman yang sebenarnya. Jika hal ini terjadi, maka hacker telah berhasil membajak tombol klik pengguna dan merutekannya ke halaman yang berbahaya.

Baca Juga: 4 Jenis Cyber Crime yang Dapat Mengancam Bisnis Anda

sistem keamanan

Dampak Serangan Clicjacking

Hacker mendapat akses login pelanggan

Dengan membuat halaman login palsu di atas halaman yang asli, hacker bisa mendapat informasi sensitif dari pelanggan. Data-data tersebut dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan hal-hal yang merugikan. Hacker juga dapat mengelabui user untuk melakukan tindakan yang mereka inginkan seperti mentransfer sejumlah uang dari rekening bank pelanggan. Jika hal ini terjadi, maka website dan bisnis Anda bisa mendapat reputasi yang buruk karena Anda kurang memprioritaskan keamanan pelanggan.

Secara tidak sadar mengunduh malware

Hacker juga dapat membuat layer yang tidak terlihat agar pelanggan secara tidak sadar mengunduh malware ke dalam sistem komputer mereka. Malware yang diunduh dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada sistem komputer seperti menghapus data, memungkinan terjadinya pencurian informasi pelanggan, dan lain-lain. Website Anda juga bisa kehilangan traffic, karena Google akan menghapus link website yang terinfeksi malware dari hasil pencarian.

Baca Juga: Dampak Buruk yang Ditimbulkan Oleh Serangan Malware

Membajak kamera atau mikrofon laptop

Lemahnya sistem keamanan website juga akan menyebabkan pelanggaran privasi pelanggan. Hacker dapat membuat halaman tersembunyi yang dapat membuat users melakukan konfigurasi Adobe flash untuk mengaktifkan kamera dan mikrofon laptop. Dengan demikian, hacker dapat melihat dan mendengar pembicaraan pelanggan Anda.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan layanan penetration testing untuk menghindari berbagai dampak buruk yang ditimbulkan dari serangan clickjacking. Kami akan membantu menemukan kelemahan sistem serta memberikan solusi terbaik untuk meningkatkan sistem keamanan website Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts