Tips Typhography di Web Design Untuk Meningkatkan Readability Web

Typhography menjadi salah satu bagian penting dalam web design. Tanpa pengaturan typhography yang baik, readability website Anda akan turun sehingga pengunjung akan kesulitan memahami web Anda. Selain harus memperhatikan tampilan website, pengaturan tata huruf di dalam web juga harus Anda perhatikan, karena website menggunakan tulisan untuk berkomunikasi dengan pengunjungnya. Untuk meningkatkan readability secara optimal berikut tips typhography dalam web design.

1. Hindari penggunaan jenis font yang terlalu banyak

Jika Anda menggunakan 3 jenis font yang berbeda dalam satu website, maka web Anda akan terlihat tidak terstruktur dan tidak profesional. Terlalu banyak menggunakan jenis font dengan beragam ukuran juga akan merusak tampilan web. Sebaiknya Anda membatasi jenis font yang akan digunakan. Pilih satu jenis font dan gunakan secara konsiten untuk keseluruhan website. Namun jika Anda harus menggunakan lebih dari satu jenis font, maka pastikan font yang Anda pilih dapat saling melengkapi berdasarkan lebar hurufnya. Sebagai contoh font Georgia dengan font Verdana. Untuk memastikan kecocokan antar font, Anda juga dapat bekerja dengan font family.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa UX Design Penting untuk Website

2. Gunakan jenis font standar

Layanan seperti Google Web Fonts memang menyediakan beragam font yang dapat membuat tampilan web Anda terlihat berbeda. Namun, pada umumnya pengguna atau pengunjung akan lebih cepat memahami konten jika ditulis menggunakan font standar yang sering digunakan oleh pengunjung. Jika website Anda tidak memiliki kebutuhan mendesak untuk menggunakan jenis font khusus, seperti untuk tujuan branding, maka sebaiknya gunakan jenis font standar. Beberapa jenis font yang aman untuk digunakan seperti Arial, Calibri, Trebuchet, dan lain-lain.

web design

3. Manfaatkan White Space

Typhography yang baik juga membutuhkan peran dari white space. Penggunaan white space di antara baris teks dapat meningkatkan readability serta membuat tampilan visual menjadi lebih rapi. White space juga membantu pengunjung untuk memahami isi konten karena dapat dengan mudah membaca satu kata dengan kata yang lain. Namun perlu diperhatikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, karena dapat merusak kesatuan teks.

Baca Juga: Tips yang Dapat Anda Lakukan Untuk Membuat Website User Friendly

4. Pastikan kontras warna yang cukup

Masalah yang dapat timbul dalam warna typhography adalah keterbacaan yang buruk. Untuk menghindarinya maka gunakan kontras yang tepat antara font dan latar belakang. Semakin kontras warna teks Anda, maka semakin mudah pengguna untuk membaca pesan Anda. Sebagai contoh, jika latar belakang halaman web berwarna gelap, maka gunakan font berwarna cerah. Namun harus diperhatikan bahwa kontras warna yang Anda gunakan tetap harus nyaman untuk dilihat.

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda membutuhkan jasa dari web designer berpengalaman, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Logique menyediakan berbagai jenis layanan terkait dengan pembuatan web seperti web design dan development, SEO, pengembangan aplikasi mobile, dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan berbagai solusi digital yang kami sediakan untuk Anda.

Logique saat ini juga sedang membuka Lowongan Web Developer. Jika Anda tertarik untuk bergabung dan berkembang bersama kami, silahkan lamar posisi yang sedang kami butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts