cyber crime

4 Jenis Cyber Crime yang Dapat Mengancam Bisnis Anda

April 25th, 2019 |

Para pemilik bisnis diharapkan untuk selalu waspada terhadap kemungkinan serangan cyber crime yang dapat terjadi kapan saja. Meskipun website Anda tidak memiliki banyak data digital, bukan berarti Anda bisa merasa aman dari ancaman hacker. Para hacker juga dapat meretas jaringan internet Anda, dan memanfaatkannya untuk melakukan penipuan lewat email atau serangan DDOS ke suatu website.

Informasi yang didapat dari Detik Finance, sepanjang tahun 2018 terdapat laporan sebanyak 4000-an terkait dengan serangan cyber crime. Dari data yang didapat, jumlah serangan paling banyak terjadi di wilayah Jakarta dan perusahaan menjadi korban terbanyak. Agar Anda dapat lebih waspada, berikut jenis cyber crime yang dapat mengancam bisnis Anda.

Serangan DDoS

Meskipun DDoS merupakan jenis cyber crime lama, namun masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan untuk melindungi sistem mereka. DDoS akan membuat lalu lintas server menjadi penuh, sehingga web Anda tidak bisa diakses lagi. Jika hal ini terjadi, maka Anda dapat kehilangan penghasilan, karena pelanggan tidak bisa mengakses web Anda dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan. Modus serangan ini juga dapat dilakukan oleh pesaing bisnis Anda yang dengan sengaja ingin membuat bisnis Anda tumbang.

Baca Juga: Penjelasan Serangan DDoS dan Cara Mengatasinya

cyber crime

Ransomware

Ransomware merupakan sejenis malware yang dapat mengambil alih komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data sampai tebusan dibayarkan. Melalui ransomware, hacker akan mengenkripsi data di dalam komputer dan menggunakan kunci enkripsi yang hanya diketahui oleh hacker. Jika Anda tidak membayarkan tebusan yang diminta, maka data-data yang Anda miliki akan dihapus secara permanen oleh hacker tersebut. Pada umumnya, hacker lebih senang menyerang bisnis dan lembaga pemerintahan karena dua target ini memiliki kemungkinan lebih besar untuk membayar tebusan.

Email Attack

Melihat perusahaan yang sering menggunakan email untuk menjalankan bisnisnya, maka hacker juga akan menyerang melalui email. Teknik email attack ini juga dikenal dengan istilah phising. Email attack juga termasuk teknik lama, namun masih menjadi salah satu teknik cyber crime yang akan selalu menimbulkan korban. Hacker akan mengirimkan email palsu yang berisi link mencurigakan untuk mencuri berbagai informasi penting seperti user id dan password. Jika hacker mendapatkan data tersebut, hacker dapat mengambil alih akun Anda dan melakukan beragam tindakan yang dapat merugikan perusahaan Anda.

Data Breach

Data breach dapat mengakibatkan dicurinya sejumlah data pribadi serta data sensitif bagi kelangsungan bisnis Anda. Cyber crime ini tidak hanya akan merugikan bisnis, namun juga setiap orang yang data pribadinya telah dicuri.  Kebocoran data dapat terjadi ketika hacker mengetahui kelemahan keamanan perusahaan baik dari sisi sumber daya manusia, sistem, atau pun jaringan yang digunakan. Dari kelemahan yang ditemukan, hacker akan menyusup masuk ke dalam sistem, kemudian mengekstraksi informasi sensitif di dalamnya. Jika hal ini terjadi, Anda tidak hanya akan kecurian data penting namun juga bisa mengalami tuntutan pelanggan karena data sensitif pelanggan yang berhasil dicuri oleh hacker.

Baca Juga: Cara Mengamankan Website dari Serangan Hacker

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda tidak ingin mengalami sejumlah kerugian karena serangan cyber crime yang semakin berkembang, Anda dapat menggunkan jasa penetration testing yang disediakan oleh Logique Digital Indonesia. Sejumlah serangan di dunia maya pada umumnya terjadi karena adanya celah keamanan di dalam sistem Anda. Melalui  layanan penetration testing ini, kami akan membantu mencari kelemahan tersebut dan memperbaikinya demi keamanan web Anda.  Silahkan hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan solusi terbaik dari tim profesional kami.

Saat ini kami juga sedang membuka Lowongan Web Developer. Jika Anda merasa memiliki skill dan kriteria yang sesuai, silahkan apply posisi yang telah kami sediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *