Google Search Console

4 Fitur di Google Search Console untuk Mengoptimalkan Performa Web

April 25th, 2019 |

Google Search Console ( GSC ) atau juga dikenal sebagai Google Webmaster Tools menjadi alat yang sangat berguna untuk mengoptimalkan performa web serta pemasaran digital Anda. GSC merupakan platform gratis yang disediakan oleh Google bagi para pemilik website . Dengan alat ini, Anda dapat memantau dan memaksimalkan keberadaan situs web Anda dalam mesin pencarian Google.

Google Search Console dirancang untuk melacak kinerja situs web Anda dengan mudah. Anda akan mendapatkan banyak informasi sehingga Anda bisa mengetahui bagian mana dari situs web Anda yang harus segera diperbaiki. Berikut beberapa fitur penting yang dapat Anda manfaatkan dari Google Search Console.

1. Performance

Di dalam tab perfomance, Anda dapat melihat halaman dan keyword apa saja yang dapat menghasilkan banyak traffic. Di GSC versi lama, data maksimal yang dapat ditampilkan hanya untuk 90 hari terakhir, sedang GSC versi terbaru dapat menampilkan data sampai 16 bulan terakhir. Jika data-data ini Anda cek secara rutin, maka Anda dapat mengetahui keyword terpopuler di website Anda, dan mengetahui keyword apa yang harus diperbaiki. Laporan di dalam tab performance juga menginformasikan data lain seperti total click, total impressions, average CTR, average positions, queries, pages, countries, dan devices.

Baca Juga: Cara Daftar Website Menggunakan Google Webmaster Tools

Google Search Console

2. Index Coverage

Fitur ini dapat menampilkan informasi halaman mana saja yang sudah terindeks oleh Google dan halaman mana saja yang mengalami error. Jika Google Search Console menginformasikan bahwa terdapat indexing error maka harus segera Anda perbaiki karena kesalahan yang terjadi dapat menyebabkan berhentinya aktivitas crawling dan indexing dari mesin pencari.

3. XML Sitemap

XML Sitemap dapat memberi informasi kepada mesin pencari mengenai semua halaman yang ada di website Anda. Dengan fitur ini, Google akan lebih mudah menemukan halaman atau content paling penting di website Anda. Meskipun fitur ini tidak secara langsung dapat meningkatkan peringkat web Anda, namun dengan menambahkan XML Sitemap ke web dapat membantu mesin pencari mengindeks konten di web Anda secara efisien.

Baca Juga: Cara Mudah Membaca Google Analytics untuk Pemula

4. Mobile usability

Fitur ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kinerja website di perangkat mobile. Mobile Usability akan menunjukkan informasi jika terdapat error di mobile web Anda. Melihat sebagian besar traffic dipengaruhi oleh pengguna mobile, maka sebaiknya Anda selalu mengecek informasi Mobile Usability di Google Search Console  secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari berkurangnya jumlah visitor dalam jumlah yang banyak.

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pemasaran digital, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Kami merupakan konsultant IT berpengalaman yang memiliki beragam solusi digital marketing untuk meningkatkan konversi web Anda. Selain itu, Logique juga memiliki layanan lain seperti jasa penetration testing, pengembangan web, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi  layanan secara lengkap.

Logique Digital Indonesia saat ini juga sedang membuka Lowongan Web Developer untuk developer berpengalaman. Jika Anda memenuhi kriteria yang kami butuhkan silahkan apply posisi yang sesuai dengan skill yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *