framework

Kelebihan dan Kekurangan dari Penggunaan Framework

April 23rd, 2019 |

Banyak developer yang belum mengetahui kenapa dan kapan harus menggunakan framework ketika membangun sebuah aplikasi. Biasanya, semakin besar skala proyek yang Anda kerjakan, maka semakin besar kemungkinan Anda perlu menggunakannya.

Menggunakan framework atau kerangka kerja bukan berarti Anda akan terbebas dari pengkodean. Tools ini berfungsi sebagai kerangka kerja atau fondasi yang dapat dikembangkan oleh developer. Di dalamnya terdapat berbagai fungsi, plugin, serta konsep yang dapat membantu proses pengembangan aplikasi atau pun website menjadi lebih cepat.

Meskipun demikian, masih banyak developer yang memutuskan untuk tidak menggunakannya karena beberapa alasan tertentu. Penggunaan kerangka kerja ini juga tergantung dari kebutuhan yang diperlukan oleh developer ketika mengembangkan aplikasi. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan framework.

framework

Kelebihan Framework

1. Lebih cepat dan efisien

Jika Anda mengerjakan proyek besar, maka penggunaan framework dapat membantu mempercepat proses pengembangan. Pada umumnya, framework memiliki beragam fungsi dan plugin yang bisa Anda manfaatkan. Dengan kerangka kerja ini, maka proses pengembangan proyek jauh lebih cepat daripada Anda harus menulis kode dari awal. Selain itu, Anda juga tidak perlu menulis berulang-ulang untuk kode yang bersifat repetitif.

2. Menghemat biaya

Sebagian besar kerangka populer bersifat open source dan gratis untuk digunakan. Biaya yang harus dikeluarkan oleh client Anda juga akan menjadi lebih kecil karena proses pengerjaan yang lebih simple dan lebih cepat.

3. Memperhatikan faktor keamanan

Framework populer telah banyak digunakan oleh banyak pengembang, dan kemungkinan adanya masalah keamanan atau pun bug telah diperbaiki. Selain itu, framework biasanya juga memiliki komunitas besar yang dapat berperan sebagai penguji jangka panjang. Setiap kali pengguna menemukan celah keamanan, maka mereka dapat memberi tahu tim untuk segera memperbaikinya.

Baca Juga: Apa Itu CodeIgniter dan Keunggulannya

framework

Kelemahan Framework

1. Kurangnya pemahaman bahasa pemrograman

Jika Anda bekerja menggunakan kerangka kerja dan hanya mengetahui sedikit tentang bahasa pemrograman yang digunakan dibaliknya, maka Anda hanya mempelajari mengenai kerangka tersebut. Sehingga pemahaman mengenai  bahasa pemrograman menjadi tidak berkembang.

2. Memiliki batasan

Dalam penggunaannya, kerangka ini juga memiliki beberapa batasan yang tidak dapat Anda modifikasi. Sehingga Anda harus bekerja sesuai dengan standar yang digunakan di dalamnya. Oleh karena itu, ketika mengembangkan sebuah aplikasi, Anda harus menggunakan kerangka kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Kode Publik

Karena bersifat publik, maka kode dapat digunakan siapa saja termasuk pihak-pihak yang mempunyai niat buruk. Mereka dapat mempelajari cara kerja kode untuk menemukan kelemahan untuk menyerang Anda.

Baca Juga : 5 Situs Referensi Belajar PHP Secara Efektif

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia dengan tim developer berpengalaman menawarkan beragam layanan untuk Anda. Kami memiliki jasa pembuatan web, pengembangan sistem web, digital marketing, serta layanan penetration testing untuk keamanan sistem web Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi secara lebih detail.

Saat ini, kami juga sedang membuka lowongan untuk Web Developer berpengalaman dengan beberapa kriteria. Silahkan click Lowongan Web Developer untuk mengetahui kriteria yang kami butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *