Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Riset Kata Kunci

Google menyediakan Google Keyword Planner untuk memudahkan Anda dalam melakukan riset kata kunci. Sampai saat ini, penggunaan kata kunci masih memberi pengaruh besar untuk menarik sejumlah traffic ke dalam website Anda. Riset dilakukan untuk mengetahui informasi atau topik apa yang sedang dicari oleh banyak orang. Namun sering kali pemilik website lupa untuk melakukan riset kata kunci, sehingga kata kunci yang digunakan tidak dapat menjangkau target yang tepat.

Fasilitas Google Keyword Planner ini sebenarnya disediakan oleh Google untuk mempermudah pengguna Google Adwords untuk menentukan pilihan kata kunci untuk iklannya. Namun sejalan dengan perkembangannya, saat ini Google Keyword Planner tidak hanya digunakan untuk keperluan iklan Google Adwords saja.

Selain digunakan untuk melakukan riset kata kunci, Google Keyword Planner juga mempunyai beberapa fungsi, yaitu :

1. Mencari kata kunci paling relevan.

Google akan memberikan list kata kunci lain yang relevan dengan kata kunci yang Anda cari.

2. Mengetahui rata-rata pencarian kata kunci perbulan.

Dengan data ini, Anda bisa memilih untuk menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari  pengguna internet di mesin pencari.

3. Mengetahui level persaingan kata kunci

Dari informasi yang ditampilkan, Anda juga dapat mengetahui level persaingan untuk setiap kata kunci. Sebaiknya Anda memilih kata kunci dengan level terendah yang berarti kata kunci tersebut memiliki tingkat persaingan yang rendah serta jarang digunakan oleh kompetitor lain.

Baca Juga: Google Adwords Layanan Untuk Tingkatkan Omset Bisnis Anda

google keyword

Cara menggunakan Google Keyword Planner

Alat ini dapat Anda gunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya iklan di Adwords. Berikut tahap-tahap yang dapat Anda lakukan.

1. Silahkan akses halaman Google Ads

Silahkan akses halaman Google Ads. Setelah halaman terbuka, Anda dapat melewati step Google Adwords dengan cara click skip this guide setup.

2. Konfirmasi Email

Di halaman ini, Anda hanya perlu memasukkan informasi berupa email . Setelah data Anda masukkan, Anda dapat menyimpannya dengan click tombol save and continue.

3. Pilih Menu Keyword Planner

Jika akun sudah selesai Anda buat, untuk mulai melakukan riset kata kunci, Anda dapat memilih menu tools yang terletak di kanan atas dashboard. Di dalamnya terdapat menu Keyword Planner yang dapat Anda gunakan untuk mencari kata kunci terbaik untuk konten Anda.

Baca Juga: Kelebihan Iklan PPC ( Pay Per Click ) dalam Digital Marketing

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk meningkatkan penjualan melalui digital marketing, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Logique merupakan konsultan IT berpengalaman yang memiliki beragam solusi agar bisnis Anda dapat bersaing di era digital. Kami juga memiliki layanan lain yang dapat Anda lihat di halaman Layanan Logique. Anda juga dapat menghubungi Logique untuk mendapatkan penjelasan secara lebih terperinci.

Saat ini Logique juga sedang membuka Lowongan Web Developer. Jika Anda mempunyai skill dan kriteria yang kami butuhkan, silahkan lamar posisi yang telah kami sediakan.

One thought on “Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Riset Kata Kunci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts