Dampak Buruk yang Ditimbulkan Oleh Serangan Malware

Malware ( malicious software ) menjadi salah satu ancaman cyber crime yang dapat merusak situs website dan bisnis Anda secara signifikan. Serangan malware adalah suatu program atau file berbahaya yang dibuat untuk tujuan yang jahat. Meskipun serangan ini sering dikaitkan dengan komputer, namun malicious software ini juga dapat menginfeksi sebuah situs website.

Pada umumnya, kerentanan menjadi titik lemah dimana serangan dapat terjadi dan merusak sistem Anda. Jika malware sudah menyerang website Anda, maka akan muncul beberapa dampak buruk sebagai berikut.

Merubah tampilan website

Program ini dapat membantu peretas untuk melakukan website defacements, yaitu mengubah tambilan situs web. Serangan ini biasanya dapat membuat pengunjung website menjauh karena website Anda akan diisi dengan pesan-pesan negatif yang dapat menyinggung pengunjung web Anda.

Memuat iklan berisi malware ( Malvertising )

Malvertising merupakan serangan yang dilakukan dengan menyuntikkan dan menyebarkan malware melalui iklan online di dalam situs website. Biasanya pengunjung web dapat terinfeksi melalui dua cara. Pertama, yaitu ketika pengunjung mengklik iklan di dalam website, dan yang kedua adalah dengan metode “drive-by” dimana pengunjung dapat terinfeksi hanya dengan mengunjungi website yang memasang iklan jahat. Jika hal ini terjadi maka malware juga dapat menginfeksi komputer yang sedang digunakan.

Baca Juga: Cara Mengamankan Website dari Serangan Hacker

malware

Peretas mendapat akses ke dalam situs web

Malware dapat memberikan akses kepada peretas sehingga mereka dapat masuk ke dalam situs web Anda. Dampaknya, peretas dapat mengambil data sensitif pelanggan, mengubah tampilan situs web, dan lain-lain.

Tidak muncul dari list hasil mesin pencari

Google dan mesin pencari populer lainnya akan meninjau situs web mana saja yang telah terinfeksi , dan menghapusnya dari hasil pencarian. Hal ini dilakukan agar pengguna tidak mengunjungi web yang sudah terinfeksi. Mesin pencari juga akan memberi tanda peringatan di dalam website yang telah terinfeksi untuk mencegah pengunjung mengakses website tersebut. Tindakan ini tentu akan berdampak buruk pada traffic website yang menurun, bahkan pengunjung dapat meninggalkan dan tidak mengunjungi situs web Anda lagi.

Baca Juga: 3 Tips yang dapat Anda lakukan untuk Cyber Security yang Lebih Baik

Layanan Logique Digital Indonesia

Untuk menghindari sejumlah serangan di dunia cyber, Logique Digital Indonesia menyediakan layanan untuk keamanan sistem website Anda. Logique memiliki layanan penetration testing untuk menguji sistem keamanan website Anda. Kunjungi halaman Layanan Penetration Testing kami untuk mendapatkan informasi secara lebih mendetail. Silahkan hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem keamanan yang lebih baik.

Logique Digital Indonesia saat ini sedang membuka Lowongan Web Developer. Kunjungi halaman karir kami untuk mengetahui kriteria developer yang sedang kami butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts