6 Skill yang Anda Butuhkan Untuk Menjadi Front End Developer

Front end developer atau juga bisa dibilang sebagai pengembang sisi klien merupakan developer yang bertugas untuk membuat tampilan website yang menarik menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Dalam proses pembuatan website, seorang front end developer harus memastikan bahwa tampilan website mempunyai format yang terstruktur dengan baik serta dapat bekerja untuk semua perangkat atau pun browser yang digunakan penggunanya.

Tampilan yang Anda lihat ketika membuat website mulai dari bentuk font, warna, menu dropdown, dan slide bar merupakan hasil dari ketrampilan front end developer. Untuk menjadi front end developer terdapat banyak skill yang harus Anda kuasai. Sebagai tahap awal, berikut ini beberapa skill yang dapat Anda kuasai.

front end developer

1. HTML & CSS

HTML dan CSS adalah dua bagian yang paling mendasar dalam pengkodean website.  Mungkin Anda sudah sering mendengar dua istilah ini. HTML merupakan bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web. Sedangkan CSS adalah bahasa yang digunakan untuk membuat layout, warna, font dan style di dalam website. Tanpa dua hal ini, Anda tidak bisa membuat desain website. Oleh karena itu, ketika memulai karir dalam bidang pengembangan web Anda harus menguasai HTML dan CSS terlebih dahulu.

Baca Juga: Membuat Website Menggunakan Pemrograman HTML, CSS dan PHP

2. JavaScript

Bahasa pemrograman yang harus Anda kuasai dalam pengembangan front end website adalah Javascript. Dengan menguasai Javascript, Anda dapat menambahkan banyak elemen interaktif ke dalam situs web Anda seperti audio, video, game, atau pun gambar animasi.

3. jQuery

jQuery merupakan library javascript yang berupa kumpulan plugin dan ekstensi yang membuat pengembangan dengan JavaScript menjadi lebih mudah. Dengan jQuery, Anda tidak perlu membuat kode dari awal. Anda cukup menambahkan elemen tertentu dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan. jQuery dapat digunakan untuk membuat form autocomplete, countdown timer, dan lain-lain.

front end developer

4. Berpengalaman dengan Preprocessor CSS

Preprocessor merupakan elemen lain yang dapat digunakan front end developer untuk mempercepat pengkodean CSS. Preprocessor CSS akan menambahkan fungsionalitas tambahan ke dalam CSS, dan memproses kode menjadi CSS yang diformat dengan baik dan ramah browser.

5. Responsive dan Mobile Desain

Saat ini lebih banyak pengguna yang mengakses internet menggunakan perangkat mobile daripada desktop. Tidak heran jika skill ini menjadi salah satu skill penting yang harus dikuasai oleh front end developer. Dengan desain yang responsive, website yang Anda buat akan memiliki tampilan yang dapat menyesuaikan dengan layar perangkat yang digunakan.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Saat Mencari Lowongan Front End Developer

6. Testing dan Debugging

Web developer juga harus sudah familiar dengan proses testing dan debugging. Tujuan dari proses ini adalah untuk mencari sebanyak-banyaknya error dan kesalahan yang terjadi dari sistem yang dibuat.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT yang memiliki tenaga web developer berpengalaman. Kami memiliki berbagai layanan untuk kebutuhan digital Anda mulai dari jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, digital marketing, penetration testing , dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Logique silahkan klik layanan kami. Anda juga dapat menghubungi kami melalui nomor (021) 22708935 / 36 atau klik hubungi kami.

Saat ini kami sedang membuka lowongan front end developer profesional . Untuk mengetahui kriteria yang kami butuhkan, Anda dapat membuka halaman karir Logique . Jika Anda sesuai dengan kriteria yang kami butuhkan, jangan ragu untuk melamar posisi yang Anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts