Cara Mengamankan Website dari Serangan Hacker

Hacker saat ini menjadi salah satu ancaman bisnis yang perlu Anda perhatikan dengan serius. Teknik serangan cyber yang dilakukan oleh para hacker saat ini juga sudah semakin berkembang sejalan dengan perubahan bisnis ke arah digital. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang menjadi korban serangan hacker sehingga menimbulkan kerugian seperti hilangnya data sensitif, bandwidth yang berjalan tidak normal, mendistribusikan konten ilegal, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka peningkatan sistem keamanan website harus Anda prioritaskan sekarang juga. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan website Anda dari serangan hacker.

Gunakan HTTPS / SSL

Anda dapat menginstal SSL certificate dan migrasi web Anda ke HTTPS sebagai pilihan protokol yang lebih aman. Ketika Anda membuat koneksi dengan website melalui HTTPS, maka data yang dikirim akan dienskirpsi sehingga dapat melindungi data-data yang Anda kirimkan. Selain itu, data pengunjung juga akan lebih aman ketika berinteraksi melalui web Anda, seperti ketika memasukkan password, user ID, atau data personal lainnya.

Baca Juga: Kerentanan Keamanan Website di Sistem Apache HTTP Server ( Jan 2019 )

Backup data secara rutin

Untuk meminimalisir dampak dari serangan hacker, Anda dapat melakukan backup untuk mengamankan data-data penting Anda. Backup dapat Anda lakukan secara rutin atau bahkan setiap hari. Dengan data yang telah terbackup dengan baik, Anda dapat mengembalikan website seperti keadaan semula jika terkena serangan.

 

hacker

Selalu menggunakan platform dan software terbaru

Langkah lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa CMS, plugins, atau script yang Anda gunakan merupakan versi terbaru. Banyak dari tools tersebut yang dibuat sebagai program software yang bersifat open-source sehingga kode mudah untuk diakses dan dipelajari oleh peretas. Jika peretas menemukan sistem kelemahan di dalam website Anda, maka mereka dapat masuk dan mengendalikan situs web Anda. Para pengembang biasanya selalu melakukan update untuk meningkatkan sistem keamanan pada perangkat yang mereka kembangkan. Oleh karena itu, selalu update dan gunakan perangkat versi terbaru.

Baca Juga: Mengetahui 3 Contoh Kasus Cyber Crime di Indonesia

Penetration Testing

Hacker dapat masuk dan mengambil alih website ketika menemukan celah keamanan di dalamnya. Salah satu langkah untuk menghindarinya adalah dengan melakukan penetration testing. Penetration testing dapat membantu Anda untuk mengindentifikasi apakah website Anda meiliki celah keamanan yang beresiko menjadi target serangan hacker. Jika celah keamanan ditemukan, maka Anda dapat dengan segera menambal dan memperbaiki sistem keamanan tersebut sebelum hacker yang menemukannya.

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda membutuhkan jasa penetration testing, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Logique merupakan konsultan IT terpercaya yang memiliki pentester berpengalaman serta menerapkan standar operasional yang digunakan oleh pentester di seluruh dunia. Sistem keamanan website Anda akan kami uji untuk mengetahui celah keamanan  yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi layanan penetration testing Logique. Segera hubungi kami untuk sistem keamanan website yang lebih baik.

Saat ini Logique juga sedang membuka lowongan web developer  profesional untuk bergabung bersama kami. Jika Anda merasa sesuai dengan kriteria yang kami butuhkan, jangan ragu untuk apply lowongan yang telah kami sediakan untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts