Belajar CSS : Memahami Pengertian dan Jenisnya

Jika Anda adalah seorang pemula, belajar CSS dapat Anda mulai dari tahap memahami pengertiannya terlebih dahulu. CSS merupakan salah satu bahasa yang harus dipelajari oleh web developer. Belajar CSS akan sangat membantu Anda dalam membentuk, mendesain, serta mengubah tampilan website Anda. Selain itu, dengan menggunakan CSS maka web developer dapat mengubah beberapa halaman secara bersamaan. Untuk memulai tahap belajar CSS dasar, berikut pengertian CSS dan jenis-jenisnya.

Apa itu CSS ?

CSS atau Cascading Style Sheet adalah bahasa yang digunakan untuk mendesain atau mempercantik tampilan website, seperti menentukan gaya tulisan, ukuran tabel, serta aspek-aspek lain yang terdapat di halaman HTML. CSS akan membantu menciptakan tampilan yang seragam untuk beberapa halaman di dalam website Anda.

Pada umumnya CSS akan selalu dikaitkan dengan HTML. HTML digunakan untuk membuat strukur website, sedangkan CSS digunakan untuk membuat tampilan dari halaman tersebut. Belajar CSS akan sangat membantu terutama ketika Anda ingin mengubah tampilan suatu komponen  di dalam multiple web page secara bersamaan.

Baca Juga: Membuat Website Menggunakan Pemrograman HTML, CSS dan PHP

belajar css

Jenis-jenis CSS

Inline style sheet

Belajar CSS dapat Anda mulai dengan mengetahui metode mana yang ingin Anda pelajari. Metode yang pertama adalah inline style sheet. Metode ini digunakan dan disisipkan secara langsung pada komponen yang ingin ditambah atau diatur tampilannya. Jenis CSS ini kurang cocok jika Anda gunakan untuk website berskala besar karena terlalu komplek dan tidak efektif. Selain itu, inline juga akan membuat file HTML menjadi penuh dengan atribut style di setiap tag HTML. Inline style ini lebih banyak digunakan untuk pengaturaan khusus pada tag HTML dan tidak untuk keseluruhan elemen dalam dokumen website.

Internal style sheet

Internal style sheet biasanya akan disisipkan diantara tag <head></head> dan menggunakan tag <style></style>. Metode ini dapat memudahkan Anda untuk mengelola satu halaman website tanpa menganggu pengaturaan CSS di halaman yang lain.

External style sheet

Merupakan metode penulisan CSS secara terpisah yaitu dengan memberikan ekstensi .css untuk nama filenya. External style sheet menjadi metode yang direkomendasikan karena Anda dapat dengan mudah mengubah kode yang sudah terkumpul di dalam satu file. Website yang menggunakan metode ini biasanya akan terlihat lebih rapi dan terstruktur. Metode ini juga memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan seluruh halaman web sekaligus.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Belajar Pemrograman Web

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia memiliki layanan pembuatan website dengan tampilan yang menarik serta mudah digunakan. Selain itu, kami juga mempunyai layanan lain seperti jasa pembuatan aplikasi, digital marketing, penetration testing, dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan klik layanan kami . Anda juga dapat menghubungi kami di nomor (021) 22708935 / 36 atau klik hubungi kami.

Saat ini kami juga sedang membuka lowongan web developer. Jika Anda tertarik untuk bergabung dan berkembang bersama kami, jangan ragu untuk melamar posisi yang kami butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts