Penjelasan Serangan DDoS dan Cara Mengatasinya

Serangan DDoS atau Distributed Denial of Service merupakan salah satu jenis serangan yang populer digunakan oleh para hacker. Meskipun konsep serangan ini terlihat sederhana namun pada kenyataannya serangan ini dapat membawa banyak kerugian. DDOS dapat membuat jaringan bekerja dengan sangat lambat, akses website yang menghilang, pemutusan koneksi internet, dan lain-lain. Jika serangan ini tidak segera diatasi, maka dampak yang dirasakan bisa berjalan dalam jangka yang panjang atau bahkan dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan.

Penjelasan Serangan DDoS

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, serangan DDoS menggunakan konsep yang cukup sederhana. Serangan DDoS adalah jenis serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas server, jaringan, atau sistem dengan tujuan untuk mengganggu lalu lintas yang normal. Hacker menyerang dengan memanfaatkan beberapa sistem komputer sebagai sumber lalu lintas serangan.

DDoS akan menyebabkan lalu lintas normal menjadi penuh atau overload, sehingga pengguna lain tidak bisa mengaksesnya lagi. Hal ini tentu akan membawa banyak dampak buruk untuk perusahaan Anda. Bisa Anda bayangkan berapa jumlah kerugian yang Anda alami jika website tidak dapat diakses oleh pelanggan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Perlu Anda ketahui, DDoS dapat menyerang tanpa ada sebuah peringatan. Anda akan mulai menyadari website terkena serangan, ketika banyak pelanggan yang mengeluhkan bahwa website yang Anda miliki tidak dapat diakses.

Cara Menghindari Serangan DDoS

 

serangan ddos

Mengenali tanda-tanda serangan

Kewaspadaan menjadi salah satu pertahanan yang terbaik untuk menghindari serangan. Jika Anda terkena serangan biasanya bandwidth akan mengalami lalu lintas yang sangat padat baik untuk donwload atau pun upload. Kesibukan lalu lintas ini akan terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung secara terus menerus. Untuk mengetahui tanda-tanda serangan DDOS, Anda dapat mengikuti pelatihan yang tepat. Dengan demikian Anda bisa mengetahui apakah Anda terkena serangan atau jaringan hanya mengalami lonjakan normal.

Menghubungi Penyedia ISP

ISP atau Internet Service Provider juga mengalami kerugian jika serangan terjadi. Anda dapat menghubungi penyedia ISP untuk membantu melacak sumber serangan dan meminta mereka untuk merutekan ulang lalu lintas Anda. Pastikan ketika Anda menggunakan ISP, Anda harus menggunakan layanan pelindung DDoS. Untuk meminimalisir dampak dari serangan, Anda juga bisa menggunakan ISP cadangan sehingga bisnis Anda tetap bisa berjalan.

serangan DDoS

Baca Juga: 3 Jenis Kejahatan Dunia Maya yang Perlu Anda Perhatikan dengan Serius

Memperbesar bandwidth yang digunakan

Sebagai tindakan pencegahan, Anda harus membuat infrastruktur yang tahan terhadap serangan DDos. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bandwidth yang cukup untuk menangani kemungkinan lonjakan lalu lintas yang terjadi.

Konfigurasi Perangkat Keras untuk menghindari serangan

Melakukan beberapa perubahan atau konfigurasi sederhana dapat mebantu mencegah adanya serangan. Sebagai contoh konfigurasi firewall yang dapat memutus paket data mencurigakan dari sumber yang tidak jelas.

Baca Juga: Pentingnya Penetration Testing bagi Sebuah Perusahaan

Layanan Logique Digital Indonesia

Untuk mengetahui sistem ketahanan website Anda dalam mengatasi serangan DDoS, Logique Digital Indonesia menyediakan layanan penetration testing untuk Anda. Anda dapat meningkatkan sistem keamanan dengan mengetahui celah keamanan yang ada. Dengan tenaga profesional, kami akan memberikan solusi terbaik untuk ancaman serangan yang dapat merugikan perusahaan Anda. Silahkan hubungi kami dengan klik hubungi kami.  Segera tingkatkan sistem keamanan website Anda sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts