Penjelasan Mengenai SQL Injection dan Cara untuk Menghindarinya

sql injection

SQL injection sampai saat ini masih menjadi salah satu serangan yang banyak dilakukan oleh para hacker. Jenis serangan ini dapat menimbulkan banyak kerugian karena rusaknya database dari sebuah situs web atau pun aplikasi. Hacker menggunakan teknik ini untuk mencuri informasi penting seperti username dan password, merubah database, memasukkan konten berbahaya, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai SQL injection serta cara untuk menghindarinya.

Apa itu SQL Injection?

SQL injection adalah sebuah teknik hacking untuk mendapatkan akses pada sistem database yang berbasis SQL. SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat serta mengolah database. Dalam melakukan teknik SQL injection, para hacker akan memanfaatkan celah keamanan pada web atau aplikasi . Mereka akan memasukkan perintah-perintah SQL ke dalam database mesin server sehingga mereka dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus memiliki username dan password administrator. SQL injection ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti kurangnya penanganan terhadap karakter-karakter seperti tanda petik satu atau karakter double minus yang dapat menyebabkan suatu aplikasi dapat disisipi peretas dengan perintah SQL.

Baca Juga: 3 Jenis Kejahatan Dunia Maya yang Perlu Anda Perhatikan dengan Serius

sql injection

 

Teknik ini dapat mempengaruhi website dan aplikasi apa pun yang menggunakan database SQL seperti mySQL, Oracle, SQL Server, dan lainnya. Jika hal ini tidak Anda tangani dengan tepat, hacker dapat melakukan berbagai tindakan kejahatan yang dapat merugikan Anda dengan mengakses data sensitif seperti informasi pelanggan, data pribadi, rahasia bisnis, dan lain-lain. Untuk meminimalisir serangan SQL injection, terdapat beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan, yaitu :

1. Jika memungkinkan, Anda dapat membatasi panjang input box. Dengan membatasinya di kode program, maka peretas tidak bisa melakukan injeksi dengan perintah yang panjang.

2. Memfilter input yang dimasukkan oleh user, terutama penggunaan tanda kutip tunggal ( Input Validation)

3. Menyembunyikan atau mematikan pesan eror yang muncul dari SQL server yang sedang berjalan.

Baca Juga: Pentingnya Penetration Testing bagi Sebuah Perusahaan

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda belum mengetahui penaganan yang tepat terhadap serangan ini, Anda dapat menghubugi Logique Digital Indonesia . Kami memiliki layanan penetration testing yang dapat membantu Anda dalam menemukan celah keamanan serta meningkatkan sistem keamanan yang Anda miliki. Kerugian besar yang dapat ditimbulkan dari tindak peretasan dapat Anda hindari dengan memanfaatkan layanan yang kami berikan. Dengan tenaga profesional, kami akan membantu memberikan solusi terbaik untuk keamanan website dan aplikasi yang Anda miliki. Selain layanan penetration testing, Logique juga memiliki layanan lain yaitu pembuatan website, aplikasi, digital marketing, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami di nomor (021) 22708935 / 36 atau whatsapp di nomor 0811-870-321.

2 thoughts on “Penjelasan Mengenai SQL Injection dan Cara untuk Menghindarinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts