Search Engine Marketing

Pengertian dan Fungsi Search Engine Marketing ( SEM ) untuk Bisnis Digital

Maret 15th, 2019 |

Search Engine Marketing atau biasa disingkat SEM bisa menjadi strategi digital marketing lain yang dapat Anda gunakan selain SEO. Meskipun SEO dan SEM sama-sama berkaitan dengan search engine machine, namun keduanya menggunakan teknik yang berbeda. SEM ini dipercaya mampu meningkatkan traffic website dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat. Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian dan fungsi Search Engine Marketing ( SEM ).

Apa itu Search Engine Marketing ( SEM ) ?

Search Engine Marketing merupakan strategi yang dilakukan untuk mengoptimasi halaman website sehingga dapat meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Meskipun fungsinya terlihat sama dengan SEO, namun optimasi yang dilakukan oleh teknik SEM ini hampir semuanya berbayar. Untuk menggunakan teknik ini, Anda dapat registrasi terlebih dahulu di Google Adwords kemudian memilih kata kunci yang berkaitan dengan produk dan layanan Anda. Ketika terdapat pengguna internet yang mencari kata kunci yang Anda pilih, maka dengan mudah Google akan menampilkan website Anda di halaman pertama. Pada umumnya para pelaku bisnis digital memanfaatkan SEM sebagai media iklan untuk menawarkan produk.

Baca Juga: SEO & SEM, Manakah Yang Lebih Efektif Digunakan?

Search Engine Marketing

Fungsi Search Engine Marketing

Menghasilkan traffic website

Sama dengan SEO, SEM juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan traffic website. Halaman website Anda akan berada di posisi atas mesin pencari sehingga pengguna akan lebih cenderung untuk membuka web Anda daripada website lain yang berada di urutan bawah.

Meningkatkan konversi

Peluang akan meningkatnya konversi akan menjadi jauh lebih besar dengan mengaplikasikan teknik SEM. SEM menargetkan kata kunci yang lebih spesifik . Selain itu, pengunjung yang datang ke website Anda biasanya sudah meiliki keinginan untuk membeli produk yang Anda tawarkan di iklan. SEM akan membantu Anda untuk mendapatkan subscriber baru, pelanggan baru, atau pengunjung web yang loyal.

Meningkatkan brand awareness

SEM tidak hanya dapat meningkatkan traffic website namun juga mampu meningkatkan brand awareness. Semakin tinggi peringkat web di mesin pencari maka semakin mudah orang untuk melihat dan menemukan web Anda. Sehingga pengguna akan lebih mudah dalam mengingat produk karena sering melihat iklan yang Anda pasang.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Awareness Melalui Digital Marketing

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan layanan digital marketing untuk memaksimalkan bisnis Anda. Logique juga menyediakan berbagai layanan berkualitas yang lain seperti jasa pembuatan website, optimasi SEO, pengetesan keamanan website, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi (021) 22708935 / 36 atau melalui whatsapp di nomor 0811-870-321.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *