4 Cara Menurunkan Bounce Rate yang Tinggi

Bounce rate merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google Analytics. Melalui fitur ini, Anda dapat mengetahui persentase pengunjung yang meninggalkan web Anda setelah hanya membuka satu halaman web saja. Dari bounce rate, Anda dapat menganalisis dan mengetahui apakah pengunjung web Anda betah berlama-lama di halaman Anda. Semakin kecil angka persentase yang ditampilkan maka semakin bagus halaman web Anda.

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan bounce rate website Anda menjadi tinggi, seperti karena user experience yang buruk, konten yang tidak berkualitas, dan lain-lain. Bounce rate tidak hanya berdasar pada lamanya waktu yang digunakan untuk setiap kunjungan, tetapi juga pengaruh dari aktivitas pengunjung selama di dalam website. Jika pengunjung hanya membuka satu halaman tanpa mengklik halaman lain, maka bounce rate juga bisa menjadi tinggi. Untuk mengurangi persentase yang tinggi, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu :

Tingkatkan kualitas konten

Salah satu alasan mengapa pengunjung meninggalkan web Anda adalah karena konten Anda sulit untuk dibaca. Untuk menghindarinya, maka Anda harus menyediakan konten berkualitas dengan susunan kata dan struktur yang baik. Selain itu sebaiknya Anda membuat konten dalam paragraf yang pendek sehingga mudah untuk dibaca.

Tingkatkan kecepatan website

Pengunjung sangat tidak menyukai akses website yang bekerja lambat. Sebagus apapaun content yang Anda sediakan, tidak akan memberi pengaruh jika pengunjung tidak dapat mengaksesnya dengan cepat. Semakin lambat web Anda, maka kemungkinan bounce rate yang tinggi juga akan semakin meningkat.

Baca Juga: Cara Mudah Membaca Google Analytics untuk Pemula

bounce rate

Navigasi yang mudah

Agar konten dapat ditemukan oleh pengunjung web, maka navigasi harus mudah untuk dioperasikan. Ketika pengunjung masuk ke halaman web Anda, mereka akan menggunakan navigasi untuk mencari konten atau informasi yang mereka butuhkan. Navigasi yang rumit dapat membuat pengunjung kesulitan sehingga memutuskan untuk meninggalkan web Anda.

Membuat internal link

Internal link dapat menghubungkan antara satu konten dengan konten yang lain. Dengan internal link yang Anda pasang, kemungkinan pengunjung untuk membuka halaman lain akan menjadi lebih besar. Dengan demikian, pengunjung bisa lebih lama berada di dalaman halaman web Anda.

Baca Juga: Ternyata Ini Loh Manfaat Internal Link Bagi Website Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia, jika membutuhkan bantuan dalam digital marketing. Logique merupakan konsultan IT yang sudah berpengalaman dibidangnya. Selain ahli dalam digital marketing, kami juga mempunyai layanan lain seperti jasa pembuatan website, aplikasi, dan lain-lain. Silahkan hubungi (021) 22708935 / 36 atau klik hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts