3 Tips yang dapat Anda lakukan untuk Cyber Security yang Lebih Baik

cyber-security

Cyber security perlu Anda tingkatkan melihat banyaknya kasus cyber crime yang terjadi saat ini. Di Indonesia sendiri kasus cyber crime sudah merugikan banyak pihak mulai dari pencemaran nama baik, pencurian identitas, kehilangan data, dan lain-lain. Untuk menghindarinya, Anda dapat melindungi informasi atau data penting dengan meningkatkan cyber security dalam sistem Anda. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Tips Meningkatkan Cyber Security

Jangan Membuka Email yang Mencurigakan

Banyak malware yang akhirnya dapat menyerang karena konsumen atau pun karyawan Anda membuka link mencurigakan dalam sebuah email. Salah satu kasus cyber crime yang memanfaatkan email sebagai medianya adalah metode phising.  Phising merupakan sebuah tindakan untuk memperoleh data pribadi seperti user ID, password, dan lain-lain menggunakan sebuah email. Salah satu teknik yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan DMRAC yang akan membantu Anda untuk mengelola email yang mencurigakan. Selain itu, Anda juga perlu meningkatkan wawasan atau tingkat kesadaran karyawan untuk lebih berhati-hati ketika mendapat sebuah email dengan isi link yang mencurigakan.

Baca Juga: Pentingnya Penetration Testing bagi Sebuah Perusahaan 

cyber security

Back Up Data

Anda dapat melakukan back up data satu kali dalam seminggu, atau 3 hari sekali. Penyimpanan dapat Anda lakukan di tiga tempat yang berbeda , yaitu onsite, offsite, dan juga cloud. Melakukan back up data atau sistem secara berkala merupakan salah satu langkah baik dalam mengatasi serangan cyber seperti Ransomware . Jika Anda sudah membackup semua data, maka dampak dari serangan Ransomware dapat Anda minimalisir.

Vulnerability Assessment

Salah satu langkah lain yang dapat sangat membantu dalam meningkatkan cyber security adalah dengan melakukan Vulnerability Assessment. Tindakan ini dapat membantu Anda untuk mengetahui, mendetekasi, mengidentifikasi serta mempelajari kelemahan yang dimiliki dari sebuah sistem. Anda dapat mempercayakan langkah ini kepada
konsultan IT security yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dengan rutin melakukan Vulnerability Assessment maka Anda dapat mengurangi resiko atau dampak buruk yang ditimbulkan dari kelemahan sistem yang ada.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Serangan Terhadap Akun WordPress Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Melihat tren serangan cyber yang semakin berkembang, maka Anda membutuhkan tenaga profesional untuk mengatasinya. Anda dapat mengandalkan Logique Digital Indonesia untuk melakukan Vulnerability Assessment atau pun penetration testing. Dengan tenaga ahli yang sudah berpengalaman, kami akan membantu meningkatkan keamanan sistem yang Anda miliki. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor (021) 22708935 / 36 atau melalui whatsapp di nomor 0811-870-321

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@OpenClipart-Vectors

9 Kelebihan Linux yang Perlu Anda Ketahui

Sumber: pixabay.com/@TayebMEZAHDIA
Sumber: pixabay.com/@Free-Photos
Sumber: pixabay.com/@Suomy