Cara Mudah Membaca Google Analytics untuk Pemula

Februari 1st, 2019 |

Google Analytics merupakan layanan gratis dari Google yang bisa Anda manfaatkan untuk menganalisis statistik pengunjung halaman web. Jika Anda merupakan pemilik sebuah web, Google Analytics bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk Anda. Dari tools ini, Anda dapat mengetahui jumlah dan lokasi pengunjung web, content yang disuka, strategi marketing yang berdampak untuk web Anda, dan masih banyak lagi.

Setelah Anda memasang tools ini, maka dengan mudah Anda dapat mempelajari traffic web Anda sendiri. Berikut ini informasi cara membaca hasil analisis dari Google Analytics.

Cara Membaca Google Analytics

Setiap kali Anda membuka tools Google Analytics Anda dapat melihat Audience Overview Report. Di halaman ini Anda dapat mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan visitor web Anda.

Berikut ini data yang akan Anda peroleh di dalam Audience Overview Report, yaitu :

  • Sessions : jumlah visitor yang mengunjungi halaman web Anda. Setiap visitor yang berkunjung akan dihitung sebagai 1 sessions. Namun jika visitor tidak melakukan aktivitas apapun di dalam web kemudian mengaskses web Anda kembali setelah 30 menit maka akan terhitung sebagai 2 sessions
  • Users : visitor yang pernah berkunjung ke halaman web
  • Pageviews : total halaman yang dilihat oleh visitor
  • Page / Session: jumlah halaman yang terbuka dalam setiap kunjungan
  • Avg. Session Duration : berisi informasi lamanya waktu yang digunakan visitor ketika mengunjungi web Anda.
  • Bounce Rate : persentase visitor meninggalkan halaman web Anda setelah membuka satu halaman saja. Sebagai contoh, vistor hanya membuka halaman utama tanpa melihat halaman lain. Semakin kecil persentase bounce rate maka akan semakin baik halaman web tersebut
  • % New Sessions : persentase pengunjung baru di halaman web Anda

google analytics

Baca Juga: Google Adwords Layanan Untuk Tingkatkan Omset Bisnis Anda

Selain informasi di atas, Google Analytics juga menyediakan beberapa informasi penting lainnya. Berikut tipe-tipe informasi di Google Analytics Report.

  • Audience Report

Dari report ini, Anda akan mendapat berbagai informasi mengenai visitor web Anda. Report yang Anda dapat akan disediakan dalam bentuk yang terperinci mulai dari info demografi, minat, lokasi, serta bahasa yang digunakan oleh visitor. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui seberapa sering visitor mengunjungi web Anda serta jenis teknologi yang mereka gunakan untuk membuka halaman web Anda.

  • Acquisition Reports

Hasil Acquisition Reports akan memberitahu faktor-faktor apa yang mendorong visitor membuka halaman web.

  • Behaviour Reports

Berisi informasi mengenai content yang banyak disukai oleh visitor web. Menu ini juga akan memberikan informasi seberapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk membuka beban halaman web Anda.

  • Conversions

Jika sebelumnya Anda telah menentukan target di dalam Google Analytics,maka Anda dapat melihat jumlah konversi yang diterima.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Perusahaan Modern yang Cukup Jitu

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam digital marketing, jangan ragu untuk menghubungi Logigue Digital Indonesia . Kami merupakan konsultan IT yang sudah berpengalaman di bidangnya. Untuk mengetahui layanan kami, silahkan click Layanan Logique . Hubungi kami melalui nomor telephone (021) 22708935 / 36 atau melalui whatsapp di nomor 0811-870-321

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *