a/b testing

Ini Alasan Mengapa A/B Testing Penting Bagi Pemasaran Digital

Oktober 19th, 2018 |

Pernahkah Anda mendengar mengenai istilah A/B testing yang biasanya disebutkan di dunia marketing? A/B Testing sendiri merupakan sebuah tes yang terdapat di dunia marketing, biasanya berupa suatu eksperimen yang dilakukan oleh para pebisnis dalam melakukan pengujian serta memahami kebutuhan para pelanggannya. Pada umumnya teknik A/B testing digunakan untuk membandingkan perilaku serta reaksi dari para audiens pada 2 sampel yang berbeda.

Dengan mulai maraknya penggunaan internet oleh para pebisnis dalam hal pemasaran digital atau biasa disebut dengan e-commerce atau e-marketing, maka sebaiknya Anda juga memahami mengenai apa itu A/B testing dalam dunia marketing, serta mengetahui fungsinya saat membangun sebuah bisnis atau usaha.

Baca Juga: 4 Hal Penting Pemasaran Digital Bagi Usaha dan Bisnis

Biasanya A/B testing digunakan oleh user persona yang tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan sebenarnya dari para pengguna hingga akhirnya mereka bersedia dan ingin membeli produk Anda. Selain itu, A/B testing juga sering digunakan untuk menciptakan landing page yang lebih powerfull, pesan email yang efektif serta desain website yang berhubungan langsung dengan para pengunjungnya.

Lalu seberapa penting untuk membangun persona pembeli melalui A/B Testing?

a/b testing

Ilustrasi (Kinsta)

Teknik A/B testing sendiri sangat penting untuk dilakukan, tujuannya agar bisnis Anda menjadi sukses. Sebab, dalam membangun sebuah bisnis yang sukses memerlukan satu hingga dua persiapan untuk membangun persona pembeli.

Baca Juga: Alasan Mengapa Konten Digital Penting Bagi Bisnis Anda

Persona pembeli sendiri merupakan hal paling penting yang Anda butuhkan dalam meningkatkan penjualan produk Anda, terutama bagi Anda yang telah terjun ke dunia digital marketing atau e-commerce. Sebab, jika Anda tidak mengerti, maka Anda tidak akan pernah tahu siapa target penjualan Anda serta bagaimana Anda dapat menemukan, menghubungkan serta mengkonversi mereka untuk dapat membeli produk Anda.

Lalu bagaimana cara menerapkan A/B testing dalam dunia marketing?

a/b testing

Ilustrasi (Softvision)

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara memposisikan diri Anda sebagai seorang konsumen. Kemudian bayangkan kira-kira hal apakah yang mampu memotivasi para pembeli untuk dapat membeli produk yang sedang Anda tawarkan.

Seperti contoh, jika Anda menjual produk keamanan seperti alarm, maka tentu Anda akan berpikir jika para pembeli akan merasa tertarik jika Anda menawarkan dengan cara menakuti mereka sehingga akhirnya Anda berhasil mendapatkan pilihan konsep dari konten yang ingin Anda sampaikan. Namun, jika cara tersebut tidak sesuai dengan perkiraan Anda, maka dapat berdampak pada marketing yang Anda lakukan sehingga mengakibatkan penjualan menurun.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Jika Anda berada dalam kondisi seperti ini, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan teknik A/B testing dalam membangun persona pembeli. Caranya adalah dengan membandingkan dua hal yang bereda, seperti misalkan pada page yang pertama (Page A) Anda memberikan konten berisi keamanan, sedangkan untuk page kedia (Page B) Anda  memberikan konten yang berkaitan dengan ketakutan tentang produk keamanan yang Anda tawarkan.

Langkah selanjutnya adalah membandingkan kira-kira seberapa banyak orang yang tertarik pada page A dan page B.

Setelah langkah A/B testing tersebut dilakukan, selanjutnya Anda dapat dengan mudah menggolongkan setiap pembeli yang ingin membeli produk Anda dengan 4 tipe yang berbeda, seperti:

  • Kompetitif
  • Modis
  • Spontant
  • Humanistik

Karakter pembeli produk Anda dapat ditandai dengan beberapa karakteristik, seperti kecepatan, emosi serta logika. Dengan melakukan A/B testing ini, maka secara tidak langsung Anda dapat mengatur para pelanggan Anda melalui strategi marketing yang lebih efektif, baik melalui konten atau pun cara berkomunikasi.

Layanan Logique

Jika Anda kesulitan dalam menerapkan teknik A/B testing ini, Anda tidak perlu khawatir sebab ada cara paling mudah, yaitu dengan menyewa sebuah perusahaan jasa pemasaran digital. Salah satunya adalah LOGIQUE DIGITAL INDONESIA yang telah mempunyai banyak pengalaman selama lebih dari 5 tahun dalam memasarkan produk digital Anda.

Dengan reputasinya sebagai web developer terbaik di Indonesia dan mempunyai layanan jasa pemasaran digital, Anda tidak perlu lagi khawatir karena segala pemasaran digital yang Anda butuhkan telah dikelola dengan baik dan benar. Karena, Logique mempunyai karyawan yang profesional dan terpercaya yang sewaktu-waktu dapat Anda andalkan.

Untuk mengetahui layanan Logique lainnya, Anda dapat mencarinya di sini atau menghubungi kami melalui email ke [email protected] atau melalui nomor telepon ke (021) 22708935/36.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *