Tips Meningkatkan SEO WordPress Pada Situs Web Anda

Tips meningkatkan SEO WordPress pada situs web (Pixabay)

Sebuah website dikatakan tidak berharga jika sama sekali tidak diketahui keberadaannya, walaupun tampilan yang dimilikinya sangat menakjubkan dengan konten yang sangat bagus. Itulah pentingnya SEO bagi situs web Anda.

SEO merupakan optimalisasi yang dilakukan pada sebuah website sehingga memungkinkan para pengguna untuk menemukan website Anda pada mesin pencari secara organic (tidak berbayar).

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh SEO Pemula

Jika Anda membangun sebuah situs web menggunakan WordPress, maka sebenarnya Anda telah mengawali proses optimasi dengan sangat baik, sebab WordPress merupakan CMS yang dibangun dengan SEO yang sudah cukup optimal sehingga Anda hanya perlu menerapkan strategi khusus untuk SEO dengan cara menyesuaikan kebutuhan pemasaran.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pahami dalam melakukan pengoptimalan situs WordPress pada website Anda, yaitu dengan memeriksa tema serta plugin yang dimiliki oleh Website Anda agar Website Anda benar-benar telah mempunyai pengaturan terbaik.

Berikut ini adalah upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO pada sebuah situs web WordPress, antara lain yaitu:

Melakukan Pengecekan Pengaturan WordPress

setting wordpress
Melakukan setting WordPress (Pixabay)

WordPress mempunyai beberapa pengaturan yang tentunya akan mempengaruhi pada SEO. Namun ketika Anda terburu-buru dalam meluncurkan situs, seringkali ada saja yang terlupakan. Karena itu sebelum Anda mempublikasikan situs web Anda, sebaiknya pastikan terlebih dahulu beberapa item, antara lain yaitu:

  • Settings > General

Pastikan Judul Situs dan Tagline telah disetting dengan benar. Sebab, seringkali saat Anda mengatur Judul ketika menginstal WordPres, Tagline dalam kondisi default, dimana tertulis “Just Another WordPress Site”. Jika Anda tidak memperhatikan, maka tulisan tersebutlah yang nantinya akan muncul pada daftar pencarian. Karena itu, segera ubah Tagline Website Anda menjadi sebuah kata yang relevan atau justru mengkosongkannya.

Baca Juga: Begini Tips Meraih Posisi Pertama Iklan di Mesin Pencari Google

  • Settings > Permalinks

Pada umumnya WordPress telah dilengkapi dengan permalinks yang SEO friendly. Akan tetapi, kondisi tersebut masih memungkinkan untuk diotak-atik untuk membuat pengaturan yang terbaik pada situs Web yang Anda miliki. Sebaiknya Anda memilih menggunakan opsi Day and Name atau Month and Name jika Anda sering mempublikasikan artikel Anda.

  • Settings > Reading

Jika situs Web yang Anda buat masih dalam tahap pengembangan, maka sebaiknya Anda memblokir mesin pencari. Namun terkadang Anda lupa untuk membatalkan pemblokiran ini sebelum Anda meluncurkannya. Karena itu, sebaiknya Anda memeriksa pengaturan Search Engine Visibility sebelum Anda meluncurkan situs.

Pastikan Tema dan Markup yang di pilih tepat

Tema WordPress yang dibuat dengan sangat baik tentunya akan memiliki dampak yang sangat positif terutama dalam peningkatan SEO. Namun, seringkali tema-tema lama nampak kurang bagus sehingga mempersulit mesin pencari untuk mengindeks konten dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam tema Website yang Anda pilih, antara lain yaitu:

  • Markup HTML5 yang Semantik
  • Layout Website yang Responsive

Menginstal Plugin SEO-Boosting

plugin wordpress
Plugin WordPress (Pixabay)

Baca Juga: Manfaat Optimasi SEO Pada Mesin Pencari Dan Efek Bagi Bisnis Anda

Terdapat banyak sekali plugin yang baik guna meningkatkan SEO yang terdapat para WordPress. Karena itu, Anda harus benar-benar memilih dengan tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. SEO Yoast merupakan salah satu pilihan yang dapat Anda pertimbangkan, sebab plugin tersebut mempunyai lebih dari 5 juta instalasi. Selain itu, terdapat juga plugin All in SEO Pack yang telah memiliki sebanyak lebih dari 3 juta instalasi.

Mengoptimalkan Konten

Konten dan Markup merupakan bagian terbaik dari SEO, beberapa teknik yang biasanya dilakukan antara lain yaitu,

  • Menggunakan Heading/ Judul yang tepat
  • Menggunakan tautan/ link internal
  • Menggunakan ALT pada gambar, dll

Jika dikombinasikan dengan tema yang tepat, plugin serta strategi konten yang baik, tentu dapat membuat situs WordPress Anda dapat sepenuhnya dilakukan optimalisasi di mesin pencari.

Layanan Logique Digital Indonesia

content writer
Logique melayani pembuatan konten digital marketing dan seo (Logique)

Jika Anda merasa kesulitan dalam menerapkan optimalisasi SEO, maka Anda dapat menggunakan jasa SEO digital marketing yang berpengalaman. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan jasa pemasaran digital yang menyediakan jasa layanan SEO serta penulisan konten digital yang sesuai dengan kaidah-kaidah SEO serta pembuatan Website.

Logique mempunyai pengalaman sebagai perusahaan digital marketing selama lebih dari lima tahun dan telah mengerjakan berbagai proyek digital marketing di berbagai perusahaan nasional maupun internasional. Untuk mengetahui berbagai proyek digital yang telah kami kerjakan, Anda dapat melihat portofolio kami di sini.

Anda tertarik untuk bekerja sama dengan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email di info@logique.co.id atau menghubungi kami di nomor 0812-9656-0380 atau mengisi data Anda melalui form di sini

Sumber: Indo Smart Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts