Inilah Pengertian Node JS Beserta Kelebihannya yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ilustrasi (pixabay)

Node js adalah suatu perangkat lunak yang kerap digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dengan bahasa pemrograman Javascript. Perbedaan antara JavaScript dan node js dapat terlihat dari fungsinya. Javascript merupakan bahasa pemrograman yang dapat berfungsi pada sisi pengguna (browser), sedangkan Node.JS bertugas untuk melengkapi Javascript agar dapat berjalan pada sisi server. Perangkat lunak ini dapat berfungsi pada sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux. Perangkat lunak ini juga memiliki HTTP tersendiri sehingga Node JS mampu untuk menjalankan server web seperti Apache atau Nginx.

Baca Juga : 5 Tools JavaScript untuk Percepat Loading Website

Jika ingin mengimplementaikan Javascript sebagai bahasa pemrograman server diperlukan search engine yang cukup berkualitas dengan performa yang cukup baik. Perangkat lunak ini menggunakan engine Javascript bernama V8 yang dapat mendukung hal tersebut dengan lebih baik.

Cara Node JS Bekerja

Perangkat lunak ini memiliki cara kerja yang berbeda dibandingkan bahasa pemrograman lain. Jika bahasa pemrograman lain memiliki cara kerja yang bersifat blocking, maka perangkat lunak ini bersifat non-blocking yang serupa dengan cara kerja Javascript. Lebih tepatnya, perangkat lunak ini berjalan dengan basis event-driven.

Baca Juga: Bangun Desktop App Dengan 5 Framework Javascript Ini

Kelebihan Menggunakan Node.js

  1. Perangkat lunak ini menggunakan bahasa pemrograman Javascript yang cukup populer di kalangan developer
  2. Dapat menangani ribuan koneksi secara bersamaan dengan sumber daya yang terbatas
  3. Sangat diandalkan dan sering dipakai untuk mengembangkan aplikasi real-time
  4. Perangkat lunak ini merupakan bersifat open source
  5. Meminimalisir kesalahan antara pemrograman di sisi server dan sisi client karena menggunakan bahasa pemrograman yang sama yaitu Javascript.

Lowongan Web Developer

Node JS

Jika Anda seorang web developer yang menguasai PHP dan sedang mencari pekerjaan, jangan ragu untuk bergabung bersama Kami. Saat ini, Logique sedang membuka lowongan kerja web developer, QA dan Technical Consultant. Kami juga membuka lowongan bagi para web developer untuk cabang Kami di Yogyakarta. Pada Logique, kesempatan untuk bekerja secara remote sangat terbuka lebar bagi para web developer. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanggung jawab dan persyaratan kedua lowongan tersebut, silakan kunjungi tautan berikut: Lowongan Kerja Web Developer Logique

Jika Anda tertarik untuk mengisi lowongan yang tersedia, silakan daftarkan akun Anda (sign up) pada situs platform rekrutmen karyawan Kami melalui tautan ini: Sugoi Saiyo

Setelah itu, pilih opsi “Register Your CV” dan ikuti langkah-langkah berikutnya. Anda akan Kami hubungi melalui e-mail apabila Anda lolos ke tahap selanjutnya.

Logique dapat memberikan Anda pengalaman kerja yang menantang dan berbeda. Sebab, Kami telah menangani berbagai macam klien dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Untuk informasi selengkapnya mengenai tanggung jawab dan persyaratan kedua lowongan tersebut, silakan kunjungi tautan berikut: Logique Digital Indonesia

Layanan Logique

Node JS

Tertarik untuk menggunakan jasa Logique? Jangan ragu untuk menghubungi Kami melalui tautan berikut ini: Hubungi Kami. Dengan pengalaman selama 5 tahun di bidang pembuatan aplikasi, Kami dapat mengembangkan atau menciptakan aplikasi berbasis web sesuai dengan ekspektasi Anda. Logique memiliki berbagai layanan seperti jasa pengembangan aplikasi mobile, jasa pemasaran digital, dan jasa pembuatan website serta berbagai layanan digital lainnya.

Sumber : Codepolitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts