ssl

Pentingnya SSL Bagi Keamanan Situs Website Anda

Agustus 16th, 2018 |

Logique – Google baru-baru ini telah mengungkapkan fakta baru yang cukup mencengangkan, dimana mesin crawler google atau pencari situs milik mereka akan menyediakan layanan preferensi pencarian khusus bagi situs yang membuat jaringan aman melalui HTTPS ke pengunjung situs web milik mereka. Bahkan Google sangat merekomendasikan agar situs web menggunakan HTTPS (SSL). Tidak hanya itu, Google pun mengatakan bahwa mereka akan menghukum situs-situs website yang tidak menggunakan SSL sebagai jaringan aman.

Baca Juga: Membuat Website Menggunakan Pemrograman HTML, CSS dan PHP

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer atau yang biasa disebut dengan HTTPS protokol lapisan transport yang biasanya digunakan untuk melakukan enkripsi sebuah situs website agar data yang dikirimkan ke tujuan menjadi lebih aman. Berbeda dengan situs web (HTTP) dimana semua data yang berasal dari website akan dikirimkan secara langsung tanpa adanya perlindungan khusus. Selain itu, sertifikat HTTPS (SSL) tidak hanya digunakan bagi keamanan yang berbasiskan browser saja, melainkan juga bagi komunikasi antara server dengan server secara aman untuk pertukaran data dan aplikasi.

Dengan menggunakan HTTPS, maka paket data Anda akan dimasukkan ke dalam sebuah kotak dalam keadaan telah terkunci rapat sebelum dikirim ke tujuan. Karena itu, jika ada yang dapat memecahkan kotak tersebut lalu membacanya, maka sekaligus dapat membaca isi data dari kotak tersebut. Itulah mengapa HTTPS (SSL) tidak disebut sebagai penangkal hacker, namun lebih sebagai pelindunga data untuk meminimalkan resiko diretasnya website Anda.

Berikut ini adalah manfaat situs web Anda menggunakan sertifikat SSL/ HTTPS, antara lain yaitu:

  • Data yang telah dikirimkan oleh pengguna tidak akan dapat dilihat atau dibaca oleh siapa pun, kecuali oleh server yang telah dituju dan dikirimkan
  • Pesan yang Anda terima tersebut berasal dari orang yang telah terotentifikasi oleh SSL/ HTTPS.
  • Jika situs Anda di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka data yang diretas tersebut akan langsung secara otomatis terenkripsi saat akan dikirim oleh peretas SSL/ HTTPS sehingga data tersebut tetap aman dan tidak dapat dibaca.
  • Pesan asli yang dikirimkan datanya tidak akan berubah ketika pengiriman meskipun terenkripsi dan hanya dapat dibuka oleh si penerima data saja.
  • Dengan menggunakan enkripsi SSL/ HTTPS, maka semua transaksi perdagangan efek akan menjadi lebih aman.
  • Beberapa waktu yang lalu, Google juga telah menjalankan tes pada sertifikat SSL/ HTTPS sebagai sinyal demi menaikkan peringkat di mesin pencari.

Baca Juga: Cara Membuat Situs Web Ramah Seluler Menggunakan PHP

Google menyatakan biaya untuk mendapatkan layanan SSL/ HTTPS sangat bervariasi. Selain itu, banyak juga penyedia sertifikat SSL/ HTTPS yang menawarkan sertifikat selama satu tahun dengan nilai kurang dari Rp 1 Juta Rupiah. Ini merupakan salah satu solusi bagi para pebisnis online yang ingin membuat sebuah situs web yang mudah, murah dan aman.

Layanan LOGIQUE

strategi pemasaran online

Jika Anda memerlukan website yang aman, mudah dan nyaman digunakan, Anda dapat menggunakan jasa layanan pembuatan website atau web developer berkualitas untuk membuatnya sehingga setiap data yang Anda kirimkan aman. Salah satu perusahaan web developer terbaik yang bisa Anda gunakan adalah LOGIQUE DIGITAL INDONESIA yang merupakan web developer berkualitas di Indonesia dengan pengalaman selama lebih dari 6 tahun dan telah dipercaya oleh berbagai klien kami di tingkat Nasional maupun Internasional. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email ke [email protected] atau klik link berikut ini.
Hubungi Kami

Sumber: Herosoftmedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *