Bangun Desktop App Dengan 5 Framework Javascript Ini

Saat ini Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik, dimana telah dibuktikan dengan keunggulan yang terdapat pada framework dan library-nya. Javascript sendiri bukan hanya diterapkan pada website saja, namun juga pada platform mobile dan desktop. Berikut ini adalah 5 Framework Javascript terbaik yang dapat digunakan pada aplikasi Desktop.

Electron

Electron merupakan salah satu framework Javascript yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop menggunakan teknologi web, seperti JavaScript, CSS dan HTML. Aplikasi desktop Electron mempunyai perilaku seperti aplikasi web yang mampu membaca serta menulis pada sistem file komputer lokal. Selain itu, aplikasi Electron ternyata telah membangun banyak aplikadi desktop populer, seperti Slack, Skype, Atom, WordPress.com dan Github desktop.

Baca Juga: 5 Tools JavaScript untuk Percepat Loading Website

NW.js

Framework ini dibangun di Intel’s Open Source Technology Center yang menggabungkan antara framework Node.js dengan Chromium Engine atau yang sebelumnya lebih dikenal sebagai WebKit. Berkat kombinasi kedua framework tersebut, Anda dapat membuat aplikasi yang tidak hanya dapat memuat situs web saja, namun juga dapat terhubung dengan OS melalui bahasa pemrograman JavaScript API.

App.js

Untuk membangun aplikasi platform tanpa harus mempelajari bahasa baru dan cukup menggunakan bahasa HTML, CSS dan Javascript saja. AppJS dapat menggunakan Chromium pada core-nya sehingga Anda akan mendapatkan API HTML 5 terbaru dengan menggunakan Framework Javascript ini.

Meteor

Meteor merupakan framework open source yang digunakan untuk membangun aplikasi web, mobile serta desktop memanfaatkan framework lainnya, yaitu Nodejs. Framework ini pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2011 bernama Skybreak. Lalu berubah nama di bulan Januari 2012 menjadi Meteor. Framework ini tergolong framework paling lengkap mulai dari sisi server hingga sampai ke sisi klien dan semuanya dapat menggunakan satu bahasa saja, yaitu JavaScript.

Baca Juga: Tools Coding Paling Membantu Bagi Programmer Pemula

Beberapa fitur Meteor antara lain yaitu:

  • Web dan Mobile, Meteor menawarkan platform yang berguna untuk mengembangkan aplikasi Web, Desktop, Android serta IOS.
  • Universal Apps, merupakan kode yang sama yang digunakan untuk web browser serta perangkat mobile lainnya.
  • Packages/ Paket, merupakan jumlah besar paket mudah yang digunakan untuk menginstal serta untuk menggunakan.
  • Meteor Galaxy, merupakan Layanan Cloud yang digunakan untuk menyebarkan app Meteor ini.

Proton Native

Framework ini merupakan framework Javascript yang dibuat oleh Gustav Hansen yang berfungsi untuk membangun antarmuka bagi aplikasi desktop. Framework ini tidak kalah saing dengan Electron, dimana Proton Native menggunakan native tools dengan ukuran kecil serta penggunaan sumber daya yang lebih sedikit. Proton Native sendiri dapat melakukan hal yang sama dengan React Native dalam membangun mobile app.

Lowongan Kerja Web Developer

lowongan kerja web design

Jika Anda mempunyai keahlian menggunakan Framework Javascript di atas, Logique Digital Indonesia menawarkan kepada Anda untuk bergabung bersama kami dan mengembangkan diri Anda menjadi seorang programmer yang berkualitas.

Untuk registrasi, silahkan kunjungi halaman rekrutmen kami di SUGOI SAIYO atau isi data Anda dengan mengklik tombol di bawah ini

SUGOI SAIYO

Sumber: Codepolitan

One thought on “Bangun Desktop App Dengan 5 Framework Javascript Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts