5 Tools JavaScript untuk Percepat Loading Website

Ada banyak cara untuk mempercepat loading website Anda, salah satunya yaitu dengan memperkecil ukuran kode yang ada di dalamnya, seperti JavaScript, HTML, CSS, dan lain-lain. Untuk memperkecilnya, Anda bisa melakukannya secara manual. Namun, akan lebih efisien jika Anda memaksimalkan manfaat tools yang ada.

Tools JavaScript untuk Percepat Loading Website Anda

Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk membantu mempercepat loading website Anda. Berikut kami rangkum 5 tools terbaik, dikutip dari fusionchart.com dan beberapa sumber lainnya.

Google Closure Compiler

Closure Compiler dari Google ini dapat menulis ulang kode dan meminimalisir ruang yang tidak perlu. Tool ini juga akan memeriksa sintaks, referensi variable, dan elemen lainnya, untuk kemudian memberitahu Anda kemungkinan masalah yang ada.

Dengan tool ini, kode website Anda akan lebih dioptimalisasi, sehingga mengurangi bug, dan menjadi lebih mudah untuk di-maintain. Kinerja website Anda pun akan lebih cepat.

Baca Juga: Percepat Loading Situs Anda dengan 7 Tips HTML Web Ini

JSMin

JSMin dikembangkan oleh Douglas Crockford pada 2003. Tool ini membantu mengurangi komen dan whitespace yang tidak diperlukan dari file-file Anda. Tool ini dapat mengurangi ukuran file hingga setengahnya, sehingga sangat membantu mempercepat loading website Anda.

Closure Linter

Selain dapat memeriksa kemungkinan adanya masalah dalam penempatan operator, titik koma yang hilang, spasi, dan semacamnya, tool ini juga dapat membantu dalam hal debugging untuk memastikan kode website Anda memiliki semua elemen yang diperlukan agar website dapat loading dengan cepat.

 

javascript
Image Source: Unsplash. Ilustrasi.

JavaScript Minify Tool

Penggunaan tool ini cukup mudah. Anda hanya perlu copy dan paste kode Anda, lalu klik Minify. Tool ini akan menampilkan kode alternatif dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, tool ini juga bisa meminimalisasi CSS, bahkan juga bisa memperkecil ukuran gambar.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Laragon Dibandingkan XAMPP

Online JavaScript/CSS/HTML Compressor

Tool ini adalah gabungan dari optimizer UglifyJS 2, Clean-CSS, dan HTML Minifier, dengan tampilan yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Tidak hanya itu, tool ini juga bisa meminimalisir kode HTML dan CSS.

Anda dapat langsung drag file Anda ke tool ini, atau bahkan hanya tinggal paste. Selain dapat memperkecil kode, tool ini juga memiliki fitur untuk memastikan compatibility, mengubah URL, debugging, dan lain-lain.

Demikian 5 tools terbaik yang dapat membantu memperkecil JavaScript website Anda, sehingga performa website menjadi lebih cepat dan friendly bagi visitor.

Jika Anda memiliki keahlian dalam teknik programming, termasuk pengembangan JavaScript, Logique Digital Indonesia sedang membuka lowongan web developer untuk Anda. Di Logique, potensi Anda akan kami bantu gali bersama agar Anda juga bisa ikut berkembang bersama perusahaan internasional seperti kami.

Tidak hanya di Jakarta, kami juga membuka lowongan web developer bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus dan tidak bisa bekerja di kantor, kami juga menerima karyawan untuk bekerja dengan sistem remote atau jarak jauh.

Segera registrasikan diri dan kirim CV Anda di tautan berikut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan pekerjaan lainnya di Logique, silakan kunjungi halaman karir Logique Digital Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts